• Legislator Dukung Moratorium Izin Kebun Dan Tambang

    0

    Sampit, jurnalsumatra.com – Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Handoyo J Wibawo mendukung kebijakan Presiden RI Joko Widodo yang akan memberlakukan moratorium izin baru lahan perkebunan sawit dan tambang.
    “Kita ingin dengan adanya pemberlakukan moratorium tersebut diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat penyelesaian permasalahan di daerah, terutama di wilayah Kotawaringin Timur (Kotim),” katanya di Sampit, Jumat.
    Pemerintah daerah diharapkan melaksanakan dan menerapkan aturan pemerintah pusat di lapangan. Selain itu, pemerintah juga diminta meninjau kembali seluruh perizinan perkebunan sawit dan tambang yang ada di daerah itu yang diduga banyak melanggaran aturan.
    Dengan adanya evaluasi dan peninjauan kembali itu, diharapkan dapat mempermudah pemantauan aktivitas perusahaan sawit dan tambang yang beroperasi di daerah tersebut.
    Menurut Handoyo, moratorium perizinan baru lahan perkebunan sawit dan pertambangan sangat tepat karena pengoperasian perkebunan sawit dan tambang telah merusak lingkungan dan merugikan sebagian besar masyarakat daerah itu.
    Dengan pemberlakukan moratorium perizinan baru lahan perkebunan sawit dan tambang diharapkan dapat menjaga kelestarian lingkungan.
    “Saya sangat setuju dengan pemberlakukan moratorium itu, dan kita akan awasi nanti apakah pemerintah Kotawaringin Timur melaksanakan aturan itu atau tidak, dan kita juga siap melaporkan ke presiden RI jika ada ditemukan pelanggaran,” katanya.
    Handoyo menilai, lahan perkebunan sawit maupun tambang di Kotawaringin Timur sudah sangat cukup luas dan tidak perlu ditambah lagi, sebab jika dilakukan penambahan dikhawatirkan dampaknya, yakni kerusakan lingkungan akan semakin luas juga.
    “Saya juga khawatir jika penerbitan izin lahan baru perkebunan sawit dan tambang tidak dihentikan permasalahan yang ada tidak bisa selesai-selsai,” ucapnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com