• Kota Tomohon Percontohan Kawasan Tertib Lalu Lintas

    0

        Tomohon, jurnalsumatra.com – Kota Tomohon ditetapkan menjadi pusat percontohan penerapan kawasan tertib lalu lintas (KTL) dari sembilan kabupaten dan kota di Sulawesi Utara (Sulut), kata Wali Kota Jimmy F Eman, Selasa.
    “Sesungguhnya kami sangat mendukung akan setiap program strategis yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat,” kata Wali Kota di Tomohon.
    Wali Kota optimistis, kehadiran kawasan ini mampu memberikan pengayoman, perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat pengguna jalan yang fungsinya meningkatkan kelancaran berlalu lintas.
    Selain itu kawasan ini juga diharapkan menekan dan mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas, serta menjadi wahana pendidikan lalu lintas di daerah berpenduduk lebih dari 100 ribu jiwa ini.

        Sembilan kabupaten dan kota yang telah menetapkan KTL adalah Kota Tomohon sepanjang 700 meter, Kota Manado 546 meter, Kabupaten Kepulauan Sangihe 1,2 kilometer, Kabupaten Minahasa Selatan 800 meter, Kota Bitung satu kilometer, Kabupaten Minahasa 650 meter, Kabupaten Minahasa Utara satu kilometer, Kota Kotamobagu 1,5 kilometer, dan Kabupaten Kepulauan Talaud sepanjang satu kilometer.
    Sementara itu, Kepala Korps Lalu lintas Mabes Polri Irjen Polisi Condro Kirono yan meresmikan kawasan ini mengatakan penetapan KTL merupakan bagian dari pencegahan kecelakaan di jalan raya, dan untuk mewujudkannya diperlukan sinergitas berbagai instansi terkait didukung masyarakat.
    “Kami memberikan apresiasi dan penghargaan kepada pemerintah Provinsi Sulut, para kepala daerah wali kota dan bupati yang senantiasa peduli mencegah timbulnya kecelakaan melalui penyiapan KTL doi wilayah masing-masing,” katanya.
    Sementara itu Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE melalui Kaban Kesbangpol Edwin Silangen SE optimistis KTL akan mendorong perekonomian masyarakat dan mewujudkan etika berlalu lintas.
    “Dengan ditetapkannya kawasan ini kiranya masyarakat memfungsikannya dengan baik, patuh berlalu lintas sehingga memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengendara dan pengguna lalu lintas dan angkutan jalan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com