• KONSORSIUM Perusahaan Belum Selesaikan Perbaikan Sampit-Bagendang

    0

    Palangka Raya, jurnalsumatra.com- Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalimantan Tengah Leonard S Ampung mengaku tidak habis pikir dengan perusahaan yang tergabung dalam Konsorsium Pelindo III karena sampai sekarang ini menyelesaikan perbaikan jalan Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur menuju Bagendang Kabupaten Seruyan.
    Padahal perbaikan jalan sepanjang 8,57 kilometer dengan sistem rigid pavement atau cor beton tersebut berdasarkan kesepakatan, dana pengerjaannya dibagi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kotim serta Seruyan maupun Konsorsium, kata Leonard di Palangka Raya, Rabu.
    “Sesuai kesepakatan konsorsium itu kan harus memperbaiki jalan Sampit-Bagendang sepanjang 3,931 kilometer. Perbaikan sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun lalu, tapi sampai sekarang selesai. Masih ada 300 meter dari 3,931 kilometer yang menjadi kewajiban konsorsium belum selesai diperbaiki,” tambahnya.
    Leonard yang pernah menjabat Kepala Dinas PU Kabupaten Lamandu itu menyebut Pengerjaan jalan layah Sampit-Bagendang dilakukan setelah ada kesepakatan bersama antara pemerintah provinsi, Kabupaten Kotim, Seruyan dan pihak perusahaan yang tergabung dalam konsorsium.
    Dia mengatakan, perbaikan dan peningkatan ruas jalan sepanjang 8,57 kilometer menghabiskan anggaran sekitar Rp83 miliar, sehingga pembagiannya Pemerintah Provinsi Kalteng sepanjang 6,3 kilometer dengan biaya Rp41,56 miliar, Pemerintah Kabupaten Kotim sepanjang 1,102 kilometer dengan biaya Rp 8,3 miliar dan Pemerintah Kabupaten Seruyan 0.544 kilometer biaya Rp 4,159 miliar, dan konsorsium gabungan perusahaan dikoordinir PT Pelindo III sepanjang 3,931 kilometer dengan biaya sekitar Rp29,116 miliar.
    “Untuk jalan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi dan kabupaten Kotim serta Seruyan sudah dikerjakan. Sekarang ini yang belum sepenuhnya selesai hanya dari Konsorsium. Kami berharap konsorsium itu segera menyelesaikan kewajibannya,” kata Leonard.
    Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng Rawing Rambang mengatakan bakan ada sanksi bagi pihak perusahaan yang tidak berkontribusi untuk peningkatan dan pembangunan ruas jalan Sampit- Bagendang tersebut.
    “Kalau ada perusaahaan tergabung di konsorsium yang dikoordinir PT Pelindo III itu belum berkontribusi, maka pelayanan mengenai perizinan akan ditunda. Kita tidak akan berkompromi. Kita akan menindak tegas perusahaan itu, karena sudah ada nota kesepakatan,” demikian Rawing.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com