• Kondisi Lapas Dan Rutan Memprihatinkan

    0

         Banjarmasin, jurnalsumatra.com – Anggota DPR RI asal daerah pemilihan Provinsi Kalimantan Selatan HM Aditya Muftri Ariffin menyatakan masih banyak lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara di Indonesia dalam kondisi yang memprihatinkan.
    Anggota Komisi III DPR itu, di sela Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kalsel, di Banjarmasin, Senin (4/4) malam menyatakan kondisi lapas dan rutan yang memprihatinkan itu terutama penghuninya melebihi daya tampung (kapasitas), sehingga berjubel.
    Sebagai contoh lapas di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) ada yang terpaksa membuat loteng darurat, artinya satu ruang dilapis tingkatan seadanya untuk penghuninya, ujar putra dari H Rudy Ariffin (mantan Gubernur Kalsel dua periode) itu lagi.

         “Bahkan ada lapas di ‘Serambi Mekkah’ Indonesia itu yang menggunakan ayunan untuk penghuni agar tidak tumpang tindih,” kata anggota DPR dua periode dari PPP tersebut.
    Menurutnya, bukan hanya lapas dan rutan di Kalsel saja yang melebihi kapasitas, tapi di provinsi lain juga banyak serupa keadaannya, bahkan lebih memprihatinkan.
    Alumnus Universitas Lambung Mangkurat (Unlam) Banjarmasin bergelar sarjana hukum dan magister hukum itu membenarkan, anggaran tersedia masih sangat minim untuk renovasi atau pun pembangunan lapas/rutan baru.

         “Seperti tahun anggaran 2016 hanya mendapat Rp1 triliun lebih sekian untuk rehabilitasi atau renovasi dan pembangunan lapas maupun rutan baru. Dana sebesar itu mana cukup untuk kebutuhan lapas dan rutan seluruh Indonesia,” kata dia pula.
    Ia menyatakan, provinsi yang terdiri 13 kabupaten/kota ini tak kebagian pembangunan lapas maupun rutan baru, kecuali sekadar dukungan dana rehabilitasi pada tahun anggaran 2016.
    Namun dia berharap, tahun depan akan tersedia anggaran untuk membangun lapas atau rutan baru di Kalsel ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com