• Komite Sekolah Bantu Pemenuhan Sarana

    0

         Palembang, jurnalsumatra.com – Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan Komite Sekolah harus berperan aktif dalam membantu pemenuhan sarana dan prasarana belajar dan mengajar mengingat anggaran dari pemerintah untuk pendidikan sangat terbatas.
    “Jika hanya mengharapkan dari pemerintah jelas tidak cukup meski negara sudah mengalokasikan hingga 20 persen dari APBN. Oleh karena itu, bantuan orangtua murid melalui Komite Sekolah sangat dibutuhkan,” kata Harnojoyo seusai memantau pelaksanaan UN Berbasis Komputer di SMA Negeri 5 Palembang, Sumatera Selatan, Senin.
    Ia mengemukakan melalui Komite Sekolah ini dapat digalang dana dari orangtua siswa untuk pengadaan sarana seperti komputer sehingga sekolah dapat melaksanakan ujian berbasis komputer.
    “Untuk UN Berbasis Komputer ini tidak mudah dilaksanakan, bukan karena siswanya yang tidak mampu tapi sarana dan prasarananya sangat terbatas. Jika ada orangtua siswa yang mau menyumbang, apa salahnya demi kemajuan sekolah,” kata dia.

         Ia juga berharap pihak swasta juga memiliki kepedulian untuk memajukan pendidikan di Kota Palembang dengan menyalurkan dana tanggung jawab sosialnya.
    “CSR perusahaan-perusahaan swasta silakan masukkan ke sekolah, karena masih banyak yang butuh bantuan,” ujar dia.
    Di tengah masih rendahnya persentase sekolah yang sudah menjalankan UN Berbasis Komputer, Harnojoyo sangat optimistis bahwa tak berapa lama lagi Kota Palembang akan seratus persen melaksanakannya.
    “Saat ini saja sudah banyak anak yang memakai komputer jinjing (laptop), jadi bisa saja dalam dua atau tiga tahun mendatang sudah bisa 100 persen,” kata dia.
    Sebanyak 34 sekolah SMP dan SMA di Palembang menggelar UN Berbasis Komputer tahun ini atau mencapai 33 persen dari total sekolah atau sekitar 66 persen dari jumlah siswa untuk SMA dan 19 persen untuk SMP.
    Pada tahun ini untuk kali pertama SMA Negeri menggelar UN Berbasis Komputer setelah tahun lalu hanya SMA Xaverius 1 yang mampu melaksanakannya.
    Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer di sejumlah Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Palembang masih terkendala sarana dan prasarana sehingga tidak dapat dilakukan serentak dalam satu waktu karena keterbatasan jumlah computer.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com