• Komisi IX Dorong Kemenkes Bentuk Sekretariat SDGs

    0

         Jakarta, jurnalsumatra.com – Komisi IX DPR-RI mendorong Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk membentuk sekretariat yang secara khusus memantau dan menindaklanjuti program-program yang terdapat dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs)
    “Komisi IX mendorong dibuatnya sekretariat yang khusus menindaklanjuti SDGs agar lebih fokus,” kata Wakil Ketua Komisi IX Syamsul Bachri usai memimpin Rapat Kerja Komisi IX dengan Kementerian Kesehatan di Jakarta, Rabu.

         Sekretariat yang dimaksud, kata dia, adalah yang memantau dan menindaklanjuti program SDGs dalam bidang kesehatan.
    Mengenai tugas dan fungsi sekretariat tersebut, kata dia, pihaknya menyerahkan kepada kementerian kesehatan.
    Dia juga menambahkan, SDGs akan diarahkan pada program-program untuk melanjutkan dan memperluas keberhasilan Tujuan Pembangunan Milenium atau MDGs.
    Selain itu, dia juga menambahkan bahwa Komisi IX DPR RI memberikan apresiasi kepada kementerian kesehatan dalam upaya menekan angka kematian ibu (AKI) melahirkan.
    Sementara itu, Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL), Kementerian Kesehatan, M. Subuh menambahkan kementerian kesehatan terus berupaya menyukseskan program-program strategis diantaranya yang terdapat dalam MDGs.

         Contohnya, kata dia, pihaknya terus berupaya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan deteksi dini terhadap penyakit tidak menular.
    Selain itu, Subuh menambahkan contoh lainnya bahwa kementerian kesehatan juga terus meningkatkan akses kepada ibu-ibu bersalin, khususnya akses pada fasilitas kesehatan.
    Tujuannya, kata dia, untuk menekan angka kematian ibu melahirkan dan angka kematian bayi.
    Sementara itu, hadir dalam rapat kerja tersebut, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dan jajaran eselon I di Kementerian Kesehatan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com