• Kodim Bantul Dampingi Petani Percepatan Tanam Padi

    0

          Bantul, jurnalsumatra.com – Komando Distrik Militer O729 Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendampingi petani setempat melakukan percepatan tanam padi guna meningkatkan hasil pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan.
    “Kita sudah mendapat pesan dari Pak Presiden untuk bekerja sama dengan Dinas Pertanian guna melakukan pendampingan petani untuk percepatan tanam,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol Inf. Agus Widianto usai kegiatan penyerapan gabah Bulog di Bantul, Rabu.

          Menurut dia, pendampingan terhdap petani dalam rangka percepatan tanam di Bantul sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu, bahkan pihaknya mengklaim tercapainya target produksi padi Bantul 2015 sekitar 190 ribu ton tidak lepas dari peranannya.
    “Pendampingan untuk percepatan tanam tidak hanya saat tanam sampai panen, tetapi ada pengelolaan, penyemprotan dan pemupukan. Kita ada sekitar 150 anggota Babinsa untuk mendampingi petani se-Bantul,” katanya.
    Untuk mendukung pendampingan dalam rangka percepatan tanam padi, lanjut dia, pihaknya juga sudah memberikan bantuan sejumlah alat pertanian, yaitu lima traktor tangan, satu unit raktor roda empat, mesin pompa air serta mesin tanam padi.

         Sementara itu terkait dengan menghadapi musim tanam kedua 2016 yang diprediksi muncul serangan wereng batang coklat, ia mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Kehutanan setempat agar bisa memberi arahan guna mengantisipasi seranga itu.
    “Secara hitung-hitungan musim, hama itu ada masanya, akan tetapi yang perlu digalakkan sekarang ini adalah tanam serempak, dengan begitu mudah-mudahan dapat memutus hama tanaman,” kata dia.
    Sedangkan terkait dengan program serapan gabah Bulog, pihaknya mendukung petani agar bisa menjual ke lembaga negara tersebut, apalagi saat ini hasil panen melimpah.
    Dengan demikian, kata dia, selain bisa memenuhi target serapan gabah Bulog juga membantu petani menjual hasil panenan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com