• KEMKUMHAM-BNN Tes Urine 44 Ribu Pegawai

    0

    Jakarta, Jurnalsumatra.com – Kementerian Hukum dan HAM bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan tes urine kepada sekitar 44 ribu pegawainya di seluruh Indonesia sebagai wujud komitmen pemberantasan narkoba.
    “Sampai sekarang kami belum mendapatkan hasilnya, nantinya BNN akan melaporkan hasilnya kepada kami,” kata Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Kementerian Hukum dan HAM Effendy B Perangin Angin di Jakarta, Senin.
    Kegiatan tes urine tersebut merupakan wujud upaya awal keseriusan Kemkumhan untuk memberantas penyalahgunaan narkoba terutama di lingkungan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan.
    Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menjamin akan memberikan tindakan tegas bagi pegawainya yang memakai atau menjadi bandar narkoba.
    Sanksi paling keras yang diberikan bagi pegawai di lingkungan Kemkumham yang terbukti positif menyalahgunakan narkoba adalah pemecatan.
    Hasil dari tes urine tersebut juga akan dibuka ke publik setelah selesai uji tes di laboratorium BNN.
    Kemkumham juga membuka diri atas laporan tentang penyalahgunaan narkoba yang dilakukan oleh pegawai maupun warga binaan pemasyarakatan yang terindikasi menyalahgunakan narkoba.
    “Karena kami tidak bisa main-main lagi dengan peredaran (narkoba),” kata Effendy.
    Sementara itu, Direktur Peran Serta Masyarakat Badan Narkotika Nasional Sinta Dame Simanjuntak mengapresiasi tes urine yang dilakukan oleh Kemkumham sebagai bukti konsistensi memerangi narkoba.
    “Di Jakarta ada 2.000 personel yang mengikuti tes urine, hasilnya harus diproses dulu dan akan ditindaklanjuti,” kata dia.
    Untuk hasil tes urine yang positif, BNN selanjutnya akan melakukan uji laboratorium yang komprehensif agar dapat membuktikan adanya kandungan narkoba dan bukan karena obat-obatan yang dijual luas di masyarakat.
    “Nanti di laboratorium akan dicek kandugan narkoba atau obat-obatan biasa. Karena bisa saja orang yang bersangkutan positif karena sedang mengonsumsi obat-obatan, seperti obat batuk misalnya,” kata Sinta.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com