• Keluarga Miskin Terima Bantuan PKH Rp52 Miliar

    0

         Malang, jurnalsumatra.com – Keluarga sangat miskin di Kabupaten Malang, Jawa Timur secara bertahap bakal menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sebesar Rp52 miliar dari Kementerian Sosial (Kemensos).
    Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Malang Sri Wahjuni Pudji Lestari di Malang, Sabtu mengemukakan dana bantuan dari APBN sebesar Rp52 miliar tersebut diberikan kepada 32.274 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 33 kecamatan.
    “Untuk tahap pertama yang cair bulan ini, penerima bantuan PKH adalah warga di Kecamatan Poncokusumo sebanyak 1.595 KK. Dana yang dikucurkan sebesar Rp2,4  miliar, selanjutnya akan merata di sejumlah kecamatan,” katanya.
    Dana tahap pertama secara keseluruhan yang pencairannya dimulai April ini, kata Sri Wahjuni, sebesar Rp25,2 miliar. Jumlah tersebut meningkat dari prediksi Dinsos sebelumnya.
    “Informasi yang sempat kami terima, pencairan dana PKH tahap pertama hanya Rp9 miliar dan kami bersyukur ternyata yang cair sebesar Rp25 miliar lebih,” ujarnya.

         Ia mengatakan selain keluarga sangat miskin, Dinsos setempat juga melakukan inventarisasi terhadap ibu hamil yang berkategori miskin dan balita dari keluarga kurang mampu, sebab mereka juga akan mendapatkan bantuan atau sebagai penerima PKH.
    Setelah dilakukan inventarisasi jumlah keluarga ibu hamil yang berkategori miskin tercatat sebanyak 1.085 orang dan balita sebanyak 14.317 jiwa. Mereka akan mendapatkan bantuan dari program Kemensos tersebut sebesar Rp1 juta.
    Selain itu, PKH yang salah satunya sebagai wujud pelaksanaan program penuntasan wajib belajar 9 tahun tersebut juga memberikan bantuan untuk siswa SD, SMP dan SMA yang berkatgori miskin.
    Jumlah siswa SD yang dibantu tercatat sebanyak 245.348 anak dan masing-masing menerima bantuan sebesar Rp450 ribu. Sedangkan siswa SMP sebanyak 11.397 anak dan masing-masing mendapat bantuan sebesar Rp750 ribu serta SMA mencapai 2.720 siswa yang akan mendapat bantuan sebesar Rp1 juta/siswa.
    “Harapan kami bantuan dari Kemensos melalui PKH ini benar-benar dipergunakan untuk kepentingan mendasar, sehingga bisa membantu meringankan beban warga yang memang membutuhkan,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com