• Kebun Raya Cibodas Tambah Koleksi Taman Tematik

    0

    Cianjur, jurnalsumatra.com – Kebun Raya Cibodas-LIPI, Cianjur, Jawa Barat menambah koleksi taman tematik dengan meresmikan Taman Gesneriaceae yang bertepatan dengan hari ulang tahun ke-164 kebun raya tersebut, Senin.
    “Kebun Raya Cibodas memiliki beberapa taman tematik, Taman Gesneriaceae telah dirintis sejak 2009 dan baru kita resmikan tahun ini,” kata Kepala Kebun Raya Cibodas, Agus Suhatman.
    Ia mengatakan, saat ini Kebun Raya Cibodas memiliki sejumlah taman tematis diantaranya, taman sakura, taman lumut, tama rhododedron atau semak, koleksi paku-pakuan, serta koleksi tanaman obat.
    “Gesneriaceae merupakan suku dari tumbuhan berbunga yang umumnya dimanfaatkan sebagai tanaman hias,” kata Agus.
    Saat ini, luas Taman Gesneriaceae mencapai 1.000 meter persegi yang mampu menampung 500 spesimen tanaman gesneriaceae.
    “Konsep taman ini untuk melestarikan, mempromosikan dan meningkatkan pemanfaatan tumbuhan dari suku gesneriaceae, diutamakan asli Indonesia,” katanya.
    Peneliti Gesneriaceae Kebun Raya Cibodas, Wiguna Rahman, menyebutkan ada sekitar 379 jenis dari suku gesnneriaceae di Indonesia namun diperkirakan masih banyak jenis baru dari gesneriaceae di Malesia yang akan dideskripsi.
    “Koleksi Taman Gesneriaceae diarahkan untuk pengoleksian dan pengembangan jenis-jenis gesneriaceae asli Indonesia da Malesia,” katanya.
    Ia mengungkapkan, saat ini koleksi taman tematik gesneriaceae terdiri dari 11 marga yakni empat asli Indonesia, dan tujuh eksotik serta 32 jenis.
    Terdapat beberapa koleksi unik yang merupakan endemik Indonesia yakni dari marga Liebigia terdiri atas Liebigia barbata, Liebigia limans, Liebigia polyneura, Liebigia glabra.
    “Selain itu. Ada juga Aeshynathus burti yang merupakan endemik dari Sulawesi dan Aeshynanthus arfakensis yang berasal dari Papua,” katanya.
    Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya-LIPI Didik Widyatmoko mengatakan, dalam waktu lima tahun ditargetkan, 379 jenis gesneriaceae dapat dikonservasi di sejumlah kebun raya yang ada di Indonesia.
    “Gesneriaceae yang endemik ada di Sumatera, Bali dan Jawa. Kebun Raya Cibodas baru menyimpan 32 jenis, di Kebun Raya Bogor ada dua jenis. Nanti kita kembangkan setiap kebun raya daerah membuat metode yang sama dengan Cibodas,” katanya.
    Ia menambahkan, saat ini Indonesia memiliki 30 kebun raya yang terdiri dari empat kebun raya yang dimiliki LIPI dan sisanya kebun raya daerah yang dibantu oleh LIPI.
    Wiguna menambahkan, tanaman gesneriaceae selain berfungsi sebagai tanaman hias, fungsi di alam sebagai jembatan biota alam, sekaligus biasa digunakan untuk tanaman obat penurunan panas.
    “Ada salah satu endemik Jawa Barat yang biasa digunakan masyarakat untuk obat penurun panas, Aeschynanthus pulcher atau dikenal bunga lipstik,” katanya.
    Peringatan HUT ke-164 Kebun Raya Cibodas diisi berbagai kegiatan, salah satunya penandatanganan kerja sama Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Center (SEAMEO SEAMOLEC), dan mengeluarkan Anjungan Informasi Mandiri (AIM).(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com