• Kanwil Kemkumham Sumsel Tingkatkan Pengawasan Pembesuk Napi

    0

        Palembang, jurnalsumatra.com – Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Selatan berupaya meningkatkan pengawasan pembesuk narapidana warga binaan lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan negara untuk mencegah masuknya narkoba.
    “Untuk mencegah masuknya narkoba dan barang terlarang lainnya, diperintahkan seluruh jajaran, terutama sipir penjara melakukan pengawasan dan pemeriksaan pembesuk secara ketat, ” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan Juliasman Purba di Palembang, Rabu.

        Menurut dia, selain pembesuk, pihaknya juga berupaya melakukan pengawasan aktivitas penghuni lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara (Rutan) serta barang yang dimiliki narapidana di dalam sel/ruang tahanan.
    Pengawasan warga binaan di lapas dan rutan dilakukan secara ketat dengan menyiagakan petugas  selama 24 jam secara bergantian.
    Ruang tahanan dan seluruh aktivitas narapidana diawasi secara ketat dan segera diberikan tindakan tegas jika mereka kedapatan melakukan pelanggaran aturan sebagai warga binaan dan memiliki atau menyimpan narkoba, senjata tajam, dan barang terlarang lainnya, katanya.

        Dia menjelaskan bagi narapidana yang kedapatan petugas melakukan pelanggaran aturan sebagai warga binaan bisa dikenakan sanksi berupa ditempatkan dalam ruangan isolasi, tidak diberikan pengurangan masa hukuman atau remisi.
    Sedangkan bagi yang melakukan pelanggaran hukum, seperti menggunakan dan menyimpan narkoba serta senjata tajam akan diproses sesuai dengan ketentuan hukum.
    Dengan pengawasan secara maksimal, sejauh ini dapat diminimalkan masuknya barang terlarang dari luar melalui orang-orang yang mengunjungi/membezuk narapidana dan aktivitas warga binaan yang berpotensi melanggar hukum, ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com