• KADES Buton Utara Diimbau Bangun Infrastruktur Desa

    0

    Kendari, jurnalsumatra.com – Para kepala desa (kades) di Kabupaten Buton Utara, Sulawesi Tenggara, diimbau membangun infrastruktur desa seperti jalan dengan menggunakan Dana Desa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat.
    “Keberdaan jalan usaha tani di setiap desa di Buton Utara sangat penting untuk membudahkan para petani mengangkut hasil-hasil pertaniannya ke jalan-jalan utama selanjutnya dibawa ke pasar-pasar tradisional yang ada,” kata Bupati Buton Utara, Abu Hasan, di Kendari, Selasa.
    Secara administratif Kabupaten Buton Utara saat ini memiliki 72 desa yang tersebar di enam kecamatan.
    Tahun 2016, setiap desa di kabupaten tersebut memperoleh Dana Desa yang bersumber dari APBN sebesar Rp600 juta hingga Rp700 juta perdesa.
    “Selain Dana Desa, setiap desa di Buton Utara juga diberikan dana alokasi dana desa atau ADD sebesar kurang lebih Rp340 juta perdesa,” katanya.
    Menurut dia, setiap desa dapat menggunakan dana desa untuk pembangunan infrastruktur desa sebesar 70 persen dari total Dana Desa yang diterima.
    Sementara 30 persen lainnya dari dana desa tersebut kata dia dapat digunakan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pemberian bantuan program ekonomi produktif.
    “Dana desa juga dapat digunakan membangun badan usaha milik desa atau BUMDes oleh kepala desa bersama Badan Permusyawaratan Desa,” katanya.  (anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com