• Kabupaten OKI Masuk Nominasi Nasional

    0
    Kabupaten OKI Masuk Nominasi Nasional

    Kabupaten OKI Masuk Nominasi Nasional

    KAYUAGUNG, SUMSEL, jurnalsumatra.com – Posyandu Wijaya Kusuma Desa Terate Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), masuk nominasi lomba posyandu tingkat nasional. Demikian diungkapkan Endang Hartini yang merupakan tim penilaian dari pusat di desa Terate, Rabu (20/4/2016).

    Menurutnya, dari puluhan posyandu, hanya enam posyandu di indonesia yang masuk nominasi diantaranya Kabupaten Pacitan, Jawa  Timur, Kabupaten Solok Sumatera Barat, Kabupaten Tulang Bawang Lampung, Kabupaten Magelang, Jawa tengah, Kabupaten Jembrana Bali, dan Kabupaten OKI, Sumsel.

    Masih katanya, ke enam posyandu tersebut sebenarnya sudah pasti menjadi juara, akan tetapi kriteria pemenang tersebut dibagi menjadi dua kategori yaitu Pakarti Utama yang penuh nominasi dan pakarti madiya yang biasa. ” Kita sama-sama berdo’a agar posyandu Wijaya Kusuma bisa menjadi pemenang di kategori pakarti utama,” ajaknya.

    Sementara itu, Bupati OKI, Iskandar SE mengatakan, sangat bersyukur atas capaian yang didapat oleh Posyandu Wijaya Kusuma. ” Posyandu ini terintegrasi dengan PAUD, Bina Keluarga Balita, dan PKK yang berhasil memenangkan lomba posyandu tingkat Provinsi Sumsel pada 2015 lalu dan tahun ini mewakili Sumsel mengikuti seleksi tingkat nasional,” ungkapnya.

    Iskandar juga mengatakan, dengan adanya lomba ini menjadi spirit pemerintah untuk menjadi lebih baik dalam hal pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, OKI memiliki wilayah yang luas sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama kesehatan.

    Untuk itu katanya, pemerintah mencanangkan program satu desa satu poskesdes dan satu kecamatan memiliki satu posyandu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang merata kepada ibu hamil dan hal lainya. ” Ada tiga pilar yang sangat kita galakkan yaitu sektor ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Ini yang menjadi prioritas dan sasaran pemerintah,” jelasnya.

    Sebelumnya, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Terate, Etawati Hamdani Am.Keb dalam laporannya mengatakan, Desa Terate Kecamatan SP Padang terdiri dari 5318 jiwa, 1340 kepala keluarga, 2 kadus, 7 RW dan 14 RT,” bebernya.

    Ia juga menjelaskan, data sasaran desa yakni, jumlah balita sebanyak 292, ibu hamil 82 orang, lansia 238 orang, jumlah kader posyandu 20 orang dan jumlah kader lansia 2 orang. Untuk data sasaran posyandu Wijaya Kusuma II yakni, 94 balita, 28 orang ibu hamil, 49 orang lansia dan 8 orang kader posyandu,” jelasnya.

    Ia juga menjelaskan, jumlah BKB sebanyak 1 kelompok, jumlah ibu peserta sebanyak 78 orang, sedangkan jumlah kader BKB sebanyak 10 orang. Untuk KB jumlah akseptor KB sebanyak 318 orang, inflan 24 orang, pil 166 orang, suntikan 120 orang, IUD 8 orang dan MOW sebanyak 10 orang,” jelasnya.(RICO/ADV)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com