• Jaminan KPBU Bisa Percepat Pembangunan Infrastruktur Daerah

    0

        Cirebon, jurnalsumatra.com – Pemerintah pusat memberikan jaminan berupa pendanaan Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk mempercepat pembangunan infrastruktur daerah, karena dengan KPBU pemerintah daerah bisa membangun dengan lebih cepat dan tidak mengandalkan APBD juga APBN.
    “Kalau pembangunan infrastruktur  daerah hanya mengandalkan dari APBD dan APBN, maka tidak akan mencukupi, sehingga harus ada alternatif pembiayaan pembangunan infrastruktur yaitu dengan menggunakan jaminan pendanaan Kemitraan Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” kata Direktur Pengelolaan Dukungan Pemerintah dan Pembiayaan Infrastruktur pada Dirjen Pengelolaan Biaya dan Resiko Kementrian Keuangan, Freddy Saragih di Cirebon, Rabu.

        Menurut dia pemerintah daerah harus aktif untuk mencari sumber dana lain yang bisa digunakan untuk membangun daerahnya.
    Pembangunan infrastruktur di daerah bisa dilakukan dengan menggunakan sistem KPBU dan pemerintah pusat  akan memberikan jaminan kepada investor.
    “Dengan sistem KPBU, maka investor yang berniat melakukan pembiayaan pembangunan di daerah akan mendapat jaminan dari pusat,” ujarnya.
    Ia menambahkan Kementrian Keuangan bisa mencarikan konsultan untuk pelaksanaan proyek pembangunan infrastruktur.
    Dan yang terpenting adalah proyek tersebut dilaksanakan dengan transparan, tender yang kompetitif dan adil.

        “Karena jika mereka tidak aktif, maka pembangunan infrastruktur tersebut hanya bayangan saja, untuk itu peran aktif Pemda bisa mewujudkan pembangunan yang lebih baik lagi,” tambahnya.
    Fasilitas jaminan disiapkan pemerintah pusat bagi pemerintah daerah yang memang membutuhkan dan fasilitas tersebut diberikan melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).
    Namun adanya fasilitas penjaminan ini sepertinya belum tersosialisasi secara baik ke setiap daerah, sehingga sampai sekarang masih sedikit daerah yang menggunakan fasilitas ini.
    “Ada sejumlah daerah yang tahun ini menggunakan fasilitas penjaminan dari PT PII di antaranya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Surabaya, Pemkot Lampung, Pemkot Medan, Pemkot Semarang serta beberapa usaha jalan tol,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com