• Isu Parlemen Didominasi Masalah Nonlegislasi

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Pakar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia (UI) Fitra Arsil menilai kinerja parlemen lebih didominasi oleh isu-isu nonlegislasi yang cenderung negatif.
    “Isu yang keluar dari elit parlemen lebih ke moral. Seperti urusan personal, ribut partai, tuntutan tunjangan rumah tangga sampai perbaikan gedung,” tutur Fitra dalam sebuah seminar politik di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Rabu.
    Menurut dia, beberapa tahun terakhir isu di luar fungsi parlemen lebih banyak muncul dibanding kegiatan anggota dewan di bidang legislasi.
    Dia menilai, isu-isu yang muncul ke publik tersebut merupakan hal yang tidak terkait langsung dengan peran utama parlemen sebagai lembaga legislatif.
    Oleh sebab

    itu, maka tidak salah jika masyarakat yang saat ini telah mendapat kemudahan dalam akses informasi berpandangan miring terhadap anggota DPR-RI, ujarnya.
    “Jangan salahkan publik jika popularitas mereka menurun , karena publik hanya disuguhi isu-isu yang tidak berhubungan dengan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Fitra memaparkan.
    Dengan kata lain, ujarnya melanjutkan, fungsi representasi yang dimiliki anggota DPR di parlemen justru hanya akan melemahkan posisi mereka sendiri sebagai wakil rakyat karena isu tersebut.
    Posisi parlemen sebagai lembaga negara yang mewakili kepentingan rakyat membuat semua pihak juga menjadi terlibat dalam isu-isu nonlegislasi tersebut.
    Akibatnya, publik hanya akan terbawa pada arus perdebatan yang tidak substantif untuk menanggapi kinerja parlemen tersebut, tukasnya.
    Fitra pun memaparkan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga Poltracking pada tahun 2015 diketahui sebanyak 56 persen masyarakat tidak puas terhadap kinerja anggota DPR.
    Fitra menilai, ketidakpuasan dari mayoritas responden di 34 provinsi itu berkaitan langsung terhadap prestasi yang buruk dan dominasi isu di luar fungsi parlemen.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com