• Giri : Sumsel Barat Hanya Celoteh Politik

    0
    Giri : Sumsel Barat Hanya Celoteh Politik

    Giri : Sumsel Barat Hanya Celoteh Politik

    Palembang, jurnalsumatra.com -  Celoteh sebagian masyarakat sumsel tentang pembentukan provinsi baru dengan sebutan sumsel barat hanya sebatas wacana politik saja, demikian ujar Ketua DPRD Sumsel Giri Rhamanda seusai rapat paripurna LKPJ kepada jurnalsumatra.com.

    Itu hanya celoteh saja untuk meningkatkan elektabilitas salah seorang yang memiliki ambisi menuju kursi Sumsel satu, pemekaran itu tidak mungkin dilakukan ujar Giri seraya menghisap rokoknya ditengah kerumunan anggota DPRD dari berbagai fraksi.

    Saat ini sumsel sudah merencanakan untuk memendekan jarak tempuh jelajah wilayah sumsel dengan membuat jalan tol Palembang Indralaya- belimbing sampai lubuk linggau melalui wilayah desa cecar sungai keruh. Jadi mustahil untuk memekarkan provinsi sumsel, tegasnya.

    Hal senada juga diutarakan oleh wakil ketua dari fraksi golkar M Yansuri dirinya tidak tertarik untuk membahas wacana pembentukan Provinsi Sumsel Barat seperti yang marak kembali diperbincangkan akhir-akhir ini. Dirinya lebih tertarik membicarakan pemekaran wilayah Kota Palembang.

    Seperti diberitakan sebelumnya di Kabupaten Lahat telah terjadi pengukuhan Presidium dan penetapan nama calon Provinsi Baru atau Daerah Otonomi Baru (DOB) sebagai pecahan bagian barat Provinsi Sumatera Selatan, Kamis (14/4). Telah digelar rapat di Hotel Bukit Serelo, langsung dibuka oleh H Hasrul Basri, selaku kepala Stap Ahli Pemkab Lahat, yang mewakili Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Riva’i SE.

    Acara tersebut, dimotori oleh Bambang Haryanto, SE sebagai penyelenggara rapat dan Firdaus Alamsyah, SP selaku wakil Pemuda Lahat sekaligus Deklarator Presidium. Selain itu, juga turut hadir perwakilan dari enam daerah diantaranya, Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Musirawas, Muratara, Kota Pagaralam dan Kota Lubuk Linggau, serta Ketua Gerakan Pemuda Nasional (GPN), Ogi Wiguna ditambah perwakilan perwakilan dari organisasi kepemudaan lainnya.

    “Yang jelas, dengan digelarnya acara rapat ini. Sebagai perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Lahat, kami nyatakan sangat mengapresiasi rencana pembentukan Provinsi Sumsel Barat, tersebut,” jelas Hasnul, dalam sambutan singkatnya, kemarin.

    Sedangkan, Bambang Haryanto menyampaikan kesiapannya dalam memperjuangkan pembentukan Provinsi Baru ini. Dan, rapat koordinasi yang digelar ini, merupakan buah hasil dari pertemuan dengan sejumlah pemuda dan rekan rekan dari 5 Kabupaten/Kota lainnya.

    “Intinya, dengan rapat yang kita gelar hari ini bersama-sama sebagai bentuk keseriusan kita semua. Untuk itu, marilah kita saling bahu membahu memperjuangkan DOP ini,” cetus Bambang, seraya meneriakan “Salam Perjuangan”

    Dilain pihak dukungan dan apresiasi lain muncul dari Ogi Wiguna, selaku ketua GPN Sumsel. Dirinya menceritakan bahwa rapat pengukuhan presidium dan penetapan nama provinsi baru tersebut, merupakan lanjutan dari rapat rapat sebelumnya.

    “Oleh sebab itu, hari ini kita tinggal menetapkan nama dan juga mengukuhkan nama nama Tim Presidennya. Karena sebelumnya kita sudah membahas hal hal prinsip lainnya di Smart Hotel di Kota Lubuk Linggau beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan ini,.kami dari GPN menyatakan mendukung penuh pembentukan Provinsi Baru yang kita maksud,” cetusnya.

    Setelah melalui urun rembuk yang cukup alot, maka di tetapkan dan disepakati nama provinsi baru tersebut adalah Provinsi “Sumsel Barat”. Sedangkan untuk nama nama tim presidiumnya, untuk sementara. Itu sudah kita tetapkan sebanyak 201 orang. Dengan catatan 50 orang dewan penasehat dan 70 orang Dewan Pembina.

    “Nah, untuk selebihnya, nanti akan kita bahas lagi dalam rapat berikutnya. Semoga saja rapat kita hari ini, bisa menjadi catatan sejarah apabila terbentuknya Provinsi Baru nanti,” kata Firdaus dengan lantang. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com