• Gempa Bengkulu Berkuatan 5,9 SR Rasanya Sampai Lahat

    0

    Lahat, jurnalsumatra.com – Sekitar pukul 09.15 WIB, Minggu (10/4), dirasakan sebagian besar di Kabupaten Lahat, dimana, getaran gempa berdurasi kisaran 2-3 menit sempat mengoyangkan puluhan rumah, sumber gempa bumi berasal dari Provinsi Bengkulu, dengan Gempa 5,9 SR kedalaman 16 km di 61 km Barat Daya Bengkulu, tidak berpotensi tsunami.

    Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), H Lukman Ismail SH membenarkan, bahwasanya telah terjadi gempa bumi yang berasal dari Provinsi Bengkulu bagian Barat Daya, dan sangat dirasakan penduduk di Kota Lahat maupun beberapa kecamatan.

    “Betul sekali, telah terjadi gempa, sekitar pukul 09.15 WIB, kisaran 2-3 menit terasa sekali getarannya, dan alhamdulillah berdasarkan laporan BMKG tidak menimbulkan potensi tsunami,” jelasnya.

    Namun, Ia menghimbau agar kepada masyarakat untuk berhati-hati, terlebih lagi yang berada di Bengkulu, lebih baik untuk menghindar sehingga tidak terjadi apa-apa.

    “Alhamdulillah walaupun tidak terlalu besar, akan tetapi, getarannya cukup mengoyangkan rumah hingga sampai ke Lahat, kepada masyarakat agar tidak panik dan khawatir,” ungkap Lukman.

    Sementara itu, Yesi (38) warga Kota Lahat mengatakan, dirinya awalnya tidak merasakan adanya getaran gempa bumi, akan tetapi, setelah melihat lampu hias gantung di dalam rumah bergoyang baru sadar kalau sudah terjadi peristiwa gempa bumi.

    “Memang getarannya tidak terlalu berasa, dikarenakan melakukan aktifitas, setelah melihat lampu hias bergoyang barulah dirasakan cukup bergetar,” ulasnya.

    Hal senada juga disampaikan Julia (39) warga Jl Baru menuturkan, saat itu dirinya lagi bersantai dengan suaminya tiba-tiba atap rumahnya bergetar cukup kuat, dan ada bagian rumah bergeser dan hal-hal tidak diinginkan belum terjadi.

    “Bagian rumah ada yang bergeser tapi tidak terlalu parah, hanya saja, lumayan getarannya begitu terasa sekali dan mesti berhati-hati, dikhawatirkan muncul gempa susulan lagi,” pesan Julia. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com