• Fitri Diusung Partai Lain, PDIP “Ketar-Ketir”

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Sebagai partai pemenang, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) seakan tak berdaya untuk mempertahankan kursi Palembang dua. Pengusungan Fitrianti Agustinda (Finda) menjadi calon Wakil Walikota Palembang oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuat Partai  berlambang banteng ini “ketar-ketir”.

    Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Selatan (Sumsel), Giri Ramandha N Kiemas mendatangi Walikota Palembang Harnojoyo, kediaman dinas Walikota yang terletak di jalan Tasik Palembang, Jumat (8/4),

    Dari pertemuan tertutup selama tiga jam, yang dulakukan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumsel tersebut, tidak ada hasil pasti mengenai nasib  nama Yuda Rinaldi, yang diusung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendampingi Harnojoyo.

    Giri terlihat murung saat keluar dari ruangan bersama Walikota Palembang Harnojoyo, dan mengatakan tidak ada pembicaraan mengenai Wakil Walikota ketika dihampiri. “Saat ini kita masih menunggu Tata Tertib keluar dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), apakah menggunakan Undang-undang (UU) nomor 8 tahun 2015, atau menggunakan PP 49 tahun 2008,” jelas Giri

    “Kami semua mempercayakan kepada  DPRD Kota Palembang dalam proses pemilihan Wakil Walikota., dan PDIP tidak melakukan deal politik untuk mempertahankan kursi Palembang dua yang seharusnya menjadi hak PDIP” terangnya

    “Yang pasti pemilihan Wakil Walikota siap dijalankan, itu komunikasi yang baru kita bangun,” tambahnya. Mengenai dicalonkannya Fitrianti Agustinda, Giri tidak mempermasalahkan. Baginya, itu adalah hak dari Partai lain dan individu Fitrianti untuk siap dicalonkan oleh partai lain. Yang jelas dari PDIP mengusung satu nama, yakni mengusung Yuda Rinaldi.

    “Mungkin PKS dan PPP memiliki kriteria sendiri dengan mengusungkan nama Fitrianti Agustinda. Kami mempersilahkan hal tersebut, karena hak mereka untuk mencalonkan siapa,” imbuhnya.

    Hingga saat ini, tegasnya, PDIP tetap mengusung satu nama meski dalam aturan, partai politik pengusung yang berhasil memenangkan pasangan Romi Herton – Harnojoyo sebagai Walikota dan Wakil Walikota, boleh mengusung lebih dari satu nama.  “Sampai sekarang DPP tetap mengusung satu nama, dan itu adalah Yudha Rinaldi,” ucapnya.

    Mengenai dicalonkannya Fitrianti Agustinda yang merupakan kader PDIP, Giri menyampaikan jika, itu akan menjadi keputusan pusat. Karena sampai sekarang, pihaknya belum dapat menentukan apa sanksi, karena Fitrianti Agustinda belum terdaftar sebagai calon dari partai lain.

    “Kita lihat saja, kami belum bisa. Jikapun nanti Fitrianti Agustinda benar dicalonkan sebagai Wakil Walikota, maka itu akan diputuskan oleh DPP,” pungkasnya. (eddie)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com