• Dubes Serahkan Surat Kepercayaan Kepada Presiden Putin

    0

         London, jurnalsumata.com – Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) untuk Federasi Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi, menyerahkan Surat-surat Kepercayaan (Letter of Credentials) kepada Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin.
    Penyerahan surat-surat kepercayaan itu dilakukan di Istana Presiden Rusia di Kremlin, Moskow, Rabu (20/4), pukul 14.00 waktu setempat (18.00 WIB).
    Dubes Wahid yang berbalut pakaian nasional Indonesia, Teluk Belanga dijemput petugas protokol Kepresidenan di KBRI Moskow dan selanjutnya diantar menuju Istana Kremlin dengan pengawalan voorijder, demikian keterangan KBRI London, yang diterima Antara London, Kamis.
    Bersama para Duta Besar dari negara lainnya, Dubbes Wahid secara berurutan menyerahkan Surat-surat kepercayaan kepada Presiden Putin. Prosesi sekitar 30 menit tersebut berlangsung khidmat disiarkan secara langsung (live).

         Dalam sambutannya, Presiden Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada 16 Duta Besar yang hadir untuk menyerahkan Letter of Credentials itu.
    Secara umum, Presiden Putin menekankan pentingnya KTT ASEAN-Rusia, yang berlangsung di Sochi pada 19-20 Mei mendatang, serta prospek kerja sama dengan negara-negara ASEAN.
    Khusus terkait Indonesia, Presiden Putin menyampaikan ketertarikan untuk memperdalam hubungan kerja sama di bidang politik, ekonomi, dan perdagangan dengan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia serta memiliki peran semakin penting di dunia Internasional. Lebih lanjut, Putin menyampaikan saat ini Indonesia dan Rusia sedang menjalankan proyek investasi bersama di bidang pertambangan, energi dan transportasi, serta perluasan kerjasama dalam memerangi terorisme internasional.
    Ditambahkan pula bahwa Rusia mengharapkan kehadiran Presiden Joko Widodo pada bulan Mei mendatang.

         Penyerahan Surat-surat Kepercayaan ini dilaksanakan hanya tiga minggu sejak kedatangan Dubes Wahid Supriyadi di Moskow, Rusia. Usai menyerahkan Letter of Credentials, Dubes Wahid melakukan perbincangan dengan Presiden Federasi Rusia Vladimir Putin dan menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo, yang disambut salam balasan oleh Presiden Putin.
    Menurut Dubes kelahiran Kebumen tersebut, bidang kerja sama yang perlu terus ditingkatkan dengan Rusia, antara lain perdagangan, investasi, pariwisata, pendidikan dan people-to-people contact.
    Dubes Wahid yang pernah menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Luar Negeri bidang Ekonomi dan Sosial Budaya juga bertekad meningkatkan kerja sama Indonesia dengan Rusia di bidang teknologi pertahanan, konter-terorisme, penanganan bencana alam, dan pertanian.
    Pada sore harinya, Dubes Wahid menggelar syukuran sederhana yang dihadiri pegawai dan keluarga besar KBRI Moskow.
    Dubes Wahid Supriyadi merupakan Dubes RI ke-19 untuk Federasi Rusia, menggantikan Dubes Djauhari Oratmangun yang saat ini menjabat Staf Khusus Menlu Bidang Isu-Isu Strategis.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com