• Dubes AS Kunjungi BNPB

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Robert O Blake mengunjungi Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Rabu.
    Pemerintah Amerika Serikat memberikan perhatian serius terhadap penanggulangan bencana di Indonesia, kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan persnya.
    Menurut dia, Amerika dan Indonesia sepakat untuk terus membangun kerja sama di bidang penanggulangan bencana.
    Dalam kesempatan itu, Robert Blake memuji upaya penanggulangan bencana di Indonesia.
    Diplomat AS itu menilai Indonesia maju dalam melakukan kerja sama dan koordinasi dengan para pemangku kepentingan dibandingkan dengan negara-negara lain.

        Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Willem Rampangilei mengatakan dua negara memiliki kerja sama yang panjang.
    Salah satu bentuk kerja sama tersebut adalah adaptasi beberapa sistem penanggulangan bencana dari Federal Emergency Management Agency (FEMA).
    Willem mengatakan kerja sama yang telah terjalin itu, antara lain Indonesia All-hazards Warning and Risk Evaluation (InAWARE), Incident Command System (ICS), Technical Assistance and Training Teams (TAATS) dan penguatan Pusat Pendidikan dan Pelatihan.
    “Pertukaran tenaga ahli juga merupakan kesempatan berbagi pengalaman dan pengetahuan antara BNPB dan FEMA untuk peningkatan kapasitas masing-masing lembaga,” katanya.
    Menurut dia, tidak ada satu pun negara di dunia yang mampu mengatasi sendiri pengaruh perubahan iklim. Untuk itu, perlu kerja sama internasional.

        Dalam kesempatan itu, Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Widjaja mengatakan Amerika Serikat memiliki keinginan untuk membantu Indonesia dalam memperkuat sistem peringatan dini untuk potensi bencana tsunami.
    Wisnu mengatakan dua negara memandang perlu dalam membangun kesadaran terkait bencana di tingkat masyarakat. Kerja sama yang akan terus dilakukan kedua belah pihak tersebut juga memfokuskan pada peningkatan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, baik di tingkat pemangku kepentingan hingga masyararakat.
    Kunjungan Duta Besar Amerika Serikat yang didampingi perwakilan USAID itu merupakan tindak lanjut kunjungan Kepala BNPB ke Washington DC, Amerika Serikat pada Maret.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com