• Dua Investor Incar Wisata Pantai Selatan Malang

    0

         Malang, jurnalsumatra.com – Sedikitnya dua investor mengincar potensi kawasan wisata pantai selatan yang membentang di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur, untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata alam yang lebih memikat wisatawan domestik maupun manca negara.
    “Ada dua investor yang menjajaki pengembangan potensi wisata pantai di Kabupaten Malang dengan menanamkan modalnya, namun kami masih belum bisa sebutkan nama investor itu karena kerja sama detailnya belum tuntas pembahasannya,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara di Malang, Sabtu.

         Kedua investor tersebut, lanjutnya, akan mengembangkan potensi wisata Pantai Bengkung dan Pantai Ngantep di Kecamatan Gedangan, Pantai Lenggoksoso dan Wedi Awu di Kecamatan Tirtoyudo, Pantai Kondang Merak dan Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur.
    Hanya saja, Made tidak tahu apakah ada investor lain yang melirik potensi wisata alam tersebut. “Kami tidak tahu apakah ada investor lain yang sudah membicarakannya dengan Perhutani untuk mengelola pantai tesrebut, sebab kewenangan pesisir pantai memang ada di tangan Perhutani,” ujarnya.
    Ia meyakini setelah proyek jalur lintas selatan (JLS) sepanjang 21 kilometer dari 93,5 kilometer yang melintasi wilayah Kabupaten Malang, yakni dari Pantai Sendangbiru-Balekambang tuntas, lambat laun perekonomian di wilayah Malang selatan bakal terdongkrak. Saat ini sudah banyak warga yang membuka usaha pertokoan dan rumah makan di sepanjang jalan tersebut.

         “Saya yakin kalau pengusaha atau investor sudah datang sendiri ke lokasi wisata di Malang, pasti akan banyak investor yang tertarik untuk menanamkan modalnya dalam pengembangan potensi di bidang wisata ini,” ujarnya.
    Saat ini Pemkab Malang membidik pengembangan pengelolaan wisata, termasuk memperbanyak destinasi wisata pantai yang dikenal sangat indah dan elok. Untuk menggenjot potensi wisata itu, pemkab setempat mengembangkan program barunya, yakni Bina Wisata Desa.
    “Program ini melibatkan sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sebab wisata yang kami bidik bukan hanya wisata pantainya, tetapi juga potensi lainnya, seperti perikanan dan kelautan, kehutanan dan pertambangan,” kata Bupati Malang Rendra Kresna, belum lama ini.
    Potensi wisata pantai yang terbentang di sepanjang wilayah pesisir Kabupaten Malang mencapai 46 lokasi, namun yang sudah dikelola baru 25 pantai.
    Dari 25 pantai yang sudah dikelola dan menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Malang di antaranya adalah Pantai Balekambang, Kondangmerak, Sendangbiru, Lenggoksono, Bengkung, Tamban, Ngliyep, Licin, dan yang baru ditemukan adalah Pantai Ngudel di Kecamatan Gedangan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com