• DPRD Sumsel Belajar Koperasi ke Yogyakarta

    0
    Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel, H Budiarto Marsul

    Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel, H Budiarto Marsul

    Palembang- Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengembangan usaha-usaha baru dibidang koperasi, sejak beberapa hari terakhir Anggota Komisi II DPRD Sumsel telah berangkat ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Di provinsi ini, para wakil rakyat belajar banyak mengenai tata cara maupun system yang gunakan untuk mengembangkan koperasi.

    “Disini (DIY) kita banyak belajar mengenai koperasi. Termasuk system yang mereka gunakan sehingga dunia perkoperasian di DIY berkembang dengan baik,” kata Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumsel, H Budiarto Marsul, Rabu (20/4).

    Menurut Budi, dalam beberapa hal Sumsel memang mempunyai sejumlah perbedaan dengan DIY, seperti ketekunan masyarakatnya, maupun jenis usaha yang dikembangkan. “Di DIY masyarakatnya banyak yang mengembangkan kerajinan tangan dan souvenir, sementara di Sumsel jenis usaha yang dikembangkan sangat beragam mulai dari souvenir, tenun, kuliner dan lainnya,” kata Budi.

    Meskipun demikian, lanjut ketua dewan koperasi Indonesia (Dekopin) Sumael ini , ada banyak ilmu yang bisa diterapkan di Sumsel, misalnya penambahan anggaran untuk pembinaan wira usaha baru dan wira usahawan muda.

    “Selain itu, disini semua wirausahawan yang telah dilatih terus dipantau secara berkala, sehingga perkembangan mereka bisa diketahui begitu pula masalah-masalah yang mereka hadapi. Saya rasa kalau system ini juga diterapkan di Sumsel, maka akan banyak wirausahawaan baru maupun wirausahawan muda yang berhasil,” tutupnya.(eka)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com