• DISOSPORA Latih Puluhan Perempuan Muda Potong Rambut

    0

    Semarang, jurnalsumatra.com – Puluhan perempuan muda mengikuti pelatihan potong rambut yang digelar Dinas Sosial Pemuda dan Olahraga Kota Semarang untuk membekalinya dalam berwirausaha.
    “Keahlian memotong rambut ini salah satu modal penting perempuan untuk membuka usaha salon,” kata Kepala Bidang Kepemudaan Disospora Kota Semarang Tri Waluyo di Semarang, Senin.
    Pada pelatihan potong rambut yang digelar Disospora Kota Semarang selama lima hari ke depan di Panti Asuhan Tanah Putih itu, setidaknya diikuti 20 perempuan yang berusia di bawah 30 tahun.
    Menurut dia, banyak perempuan yang mengikuti pelatihan potong rambut itu sudah menikah dan memiliki anak, tetapi kesempatan belajar dimiliki siapapun untuk kelangsungan masa depan.
    “Setelah mengikuti pelatihan selama lima hari ke depan, kami berharap mereka berani membuka usaha potong rambut di rumah. Jika belum berani buka sendiri, bisa secara berkelompok,” katanya.
    Ia mengatakan kegiatan pelatihan potong rambut itu memang diberikan kepada kalangan ibu rumah tangga dan perempuan muda yang tidak memiliki lahan yang cukup luas untuk membuka usaha.
    Untuk membuka salon atau potong rambut, Tri mengatakan bisa memanfaatkan sedikit lahan atau bertempat di rumah, namun mereka tetap bisa menjalankan tugasnya sebagai ibu rumah tangga.
    Pembimbing pelatihan potong rambut, Arum menjelaskan dalam memotong rambut memerlukan teknik tersendiri, seperti keseimbangan panjang rambut sisi kiri dan kanan yang harus diperhatikan.
    “Jangan sampai nanti konsumen komplain karena rambut sisi kiri dan kanan tidak sama panjangnya. Kecuali, memang permintaan dari konsumen. Namun, tetap ada tekniknya,” katanya.
    Sementara itu, Nisa, salah satu ibu rumah tangga yang mengikuti pelatihan mengakui selama ini masih ragu-ragu untuk berwirausaha karena tidak memiliki keterampilan tertentu.
    “Ya, mungkin setelah dibekali (keterampilan potong rambut, red.) ini nanti lebih ‘pede’ membuka usaha salon. Usaha kecil-kecilan dulu, sambil ‘momong’ (mengasuh anak, red.),” pungkasnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com