• DISHUBKOMINFO Mataram Inventarisasi Potensi Titik Parkir

    0

    Mataram, jurnalsumatra.com – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menginventarisasi potensi titik parkir baru seiring dengan pertumbuhan investasi di daerah itu.
    “Saat ini kami sedang melakukan inventarisai potensi parkir baru untuk dikaji dan ditetapkan sebagai potensi parkir pada tahun 2017,” kata Kepala Bidang Operasi Pengendalian Lalu Lintas Dishubkominfo Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Sabtu.
    Ia mengatakan bahwa pendataan potensi titik parkir baru itu meliputi pontensi parkir pinggir jalan, tempat parkir khusus, dan tempat khusus parkir.
    Setelah pendataan dilakukan, lanjut dia, pihaknya akan melakukan pemantuan terhadap potensi titik parkir sekaligus dilakukan uji petik.
    “Apabila dari hasil uji petik dan fasilitas parkir pendukung dinilai layak, titik tersebut akan kami tetapkan sebagai potensi parkir baru,” katanya.
    Dengan melakukan pendataan potensi titik parkir tersebut, kata dia, Dihubkominfo bisa memiliki gambaran untuk menetapkan target retribusi parkir pada tahun depan.
    Pada tahun ini, target retribusi parkir sebesar Rp1,5 miliar. Target itu masih sama dengan tahun lalu karena pada tahun 2015 retribusi parkir tidak mencapai target dengan realisasi Rp1,3 miliar.
    “Kita berharap melalui peningkatan pengawasan dan pembinaan pengelola parkir yang sedang kami lakukan saat ini, retribusi parkir tahun 2016 bisa tercapai,” katanya.
    Menurut dia, saat ini jumlah titik parkir di Kota Mataram sebanyak 513 titik yang dikelola oleh 550 juru parkir di enam kecamatan se-Kota Mataram.
    Ia menjelaskan bahwa para juru parkir di Kota Mataram itu merupakan juru parkir yang sudah masuk database di Dishubkominfo Kota Mataram.
    “Mereka sudah kita berikan tanda pengenal, dan pengarahan secara berkala terhadap tugas dan tanggung jawabnya, termasuk larangan menaikkan tarif parkir,” katanya.
    Setelah adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir, kata Mahfuddin, memberikan suasana baru, khususnya bagi Dishubkominfo dalam mengelola retribusi parkir menjadi lebih baik.
    “Perda ini lebih detail terhadap pendataan dan pengelolaan potensi parkir yang ada sehingga dapat menghilangkan ketidaktercapainya target retribusi parkir setiap tahunnya,” ujarnya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com