• Disdik SULSEL Jamin Kerahasiaan Soal UN

    0

    Makassar, jurnalsumatra.com – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Sidik Salam menjamin kerahasiaan soal ujian nasional.
    “Antisipasi kebocoran soal sudah dilakukan dalam suatu sistem, mulai dari pusat, provinsi, hingga ke kabupaten/kota, sehingga kami yakin kerahasiaan soal terjamin,” kata Sidik Salam yang ditemui di Makassar, Jumat.
    Sidik mengatakan mulai dari pencetakan hingga distribusi, dalam setiap tahapan pergerakannya, berkas soal selalu diikuti oleh petugas pengamanan.
    Soal ujian untuk kabupaten/kota se-Sulsel sudah tiba sejak 23 Maret, dikawal oleh aparat Polda. Soal kemudian dibawa ke gudang Parumpang dan dijaga oleh enam personel polisi. Pengawasan juga melibatkan Disdik, dan pihak percetakan.
    Untuk distribusi soal, kata dia, pihak keamanan juga dilibatkan. Di kabupaten/kota soal diterima oleh pihak Disdik didampingi oleh Polres setempat. Berkas soal disimpan di Polres hingga waktu pendistribusian ke sekolah-sekolah.
    “Pengawasan dan pengamanan tidak pernah lepas sehingga sangat sulit untuk membocorkan soal,” ujarnya.
    Antisipasi lain juga telah disiapkan secara nasional yaitu dengan mencetak lima paket soal.
    “Dengan lima paket soal, orang-orang yang berniat jahat akan mengalami kesulitan,” ujarnya.
    Sementara untuk ujian berbasis komputer atau “computer based test” (CBT), ia yakin sistem ini lebih aman dari pada ujian dengan lembar jawaban kertas.
    “Itu lebih aman lagi, karena hanya bisa diakses oleh orang tertentu,” katanya.
    Pihaknya juga telah menyiapkan petugas keamanan untuk menjaga “server”.
    Sekretaris Disdik Salam Soba menambahkan salah satu persiapan yang terus dimantapkan yaitu perangkat untuk pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK/CBT).
    Dari simulasi yang sudah dilakukan pada sejumlah sekolah tingkat SMA, SMK, dan SMP se-Sulsel yang akan melaksanakan UNBK, masalah listrik, jaringan, dan perangkat komputer, masih menjadi hal yang persiapannya terus dimantapkan.
    Untuk persoalan ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel mengaku sudah menyurati semua daerah agar mempersiapkan segala kebutuhan.
    “Semua sekolah wajib menyediakan genset. Kita sudah surati sekolah, termasuk segera berkoordinasi dengan PLN dan Telkom untuk jaminan jaringan dan pasokan listrik selama UN berlangsung,” kata dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com