• Dinkes Papua Agendakan Pengkajian Pengobatan Berbasis Herbal

    0

        Jayapura, jurnalsumatra.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengagendakan pengkajian kembali pengobatan alternatif berbasis herbal yang kini marak di Kota Jayapura.
    Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua drg Aloysius Giay, di Jayapura, Sabtu, mengatakan pengobatan alternatif berbasis herbal ini akan ditinjau kembali status resmi atau tidaknya.
    “Sudah banyak beredar pengobatan herbal ini, tapi kami tidak tahu apakah cocok dengan tubuh masyarakat Papua sehingga harus dicek kembali,” katanya.
    Menurut Aloysius, pengobatan berbasis herbal ini juga harus dicek dampaknya, apakah berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat Papua atau tidak.

        “Pengobatan dengan menggunakan herbal ini baik adanya, karena Papua pun memiliki berbagai macam varietas herbal yang bisa dikembangkan,” ujarnya.
    Dia menuturkan ke depannya, pihaknya juga berencana untuk membangun tempat penelitian sehingga herbal-herbal yang sering digunakan untuk pengobatan bisa diteliti sendiri di Papua.
    “Selama ini banyak herbal Papua yang diambil lalu diolah di luar Papua dan kembali diperjualbelikan di Bumi Cenderawasih, jika dapat diteliti dan diolah sendiri akan lebih memudahkan penggunaannya,” katanya lagi.
    Dia menambahkan pengobatan apapun yang hendak dikembangkan,  selama bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat akan mendapat dukungan penuh.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com