• Dinkes OKI Jalankan Program Keluarga Sehat

    0

    dinkes okiKayuagung, jurnalsumatra.com – Untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan Demi mewujudkan Indonesia sehat, Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ilir menjalankan program keluarga sehat.

    Untuk program keluarga sehat sudah mulai jalan pada bulan April 2016 dan pada bulan ini ada dua puskesmas yang sudah berjalan yaitu Puskesmas Muara Burnai  Kecamatan Lempuing dan Puskesmas Celikah Kecamatan Kayuagung dan yang nantinya akan diikuti seluruh puskesmas yang ada di 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ilir” ungkap Kepala Dinas H M Lubis SKM Mkes yang diwakili Seketaris Dinas Iwan Setiawan SKM Mkes diruang kerjanya.

    Iwan menambahkan program  keluarga sehat ini untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Para petugas mendatangi setiap rumah dan petugas memeriksa keluarga yang didatangi para petugas yang terdiri dari lima petugas yang diantaranya petugas Kesmas, petugas Kesling, petugas Gizi, petugas Perawat dan Petugas Bidan”ungkapnya

    Ada 12 indikator keluarga sehat yang dibagi dalam lima poin. “Yang pertama lima indikator dalam gizi kesehatan ibu dan anak. Yaitu keluarga mengerti program KB, ibu hamil memeriksa kehamilannya sesuai standar, balita mendapatkan imunisasi lengkap, pemberian ASI ekslusif 0-6 bulan dan pemantauan pertumbuhan balita,” katanya.

    Sementara dalam pengendalian penyakit menular dan tidak menular, lanjut Iwan, dua indikator lainnya adalah penderita hipertensi yang berobat teratur dan penderita TB paru yang berobat sesuai standar. “Untuk dua indikator dalam perilaku sehat, yaitu tidak adanya anggota keluarga yang merokok.

    “Setiap rumah yang didatangi oleh para petugas di kasih setiker. Dimana setiap setiker di kasih lima tanda, dari situ para petugas bisa mengontrol setiap sasaran rumah. Apa bila dalam rumah ditemukan ada penderita maka petugas akan rutin mengontrol pasien tersebut.”tandasnya

    “Para petugas yang mendatangi masyarakat tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan saja namun petugas juga memberikan pengetahuan pentingnya menjaga kesehatan dengan menjaga lingkungan agar selalu bersih.”ringkasnya.(ata)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com