• Demi Keselamatan, Kadishubkominfo OKI “Turun Gunung”

    0

    fa039ce0-1db4-4e64-8db8-94ff70b3cd40KAYUAGUNG, jurnalsumatra.com – Untuk menjaga keselamatan Motoris Speedboad dan penumpang, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Tohir Yanto S.Sos, rela “turun gunung” untuk melakukan sosialisasi keselamatan hingga ke pesisir timur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

    Dalam Sosialisasinya Rabu (27/4), Kadishubkominfo, melakukan pembinaan terhadap para pengemudi angkutan sungai yakni para pengemudi Speed Boat di Dermaga Sungai Lumpur Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

    Kegiatan ini sendiri, digelar dengan melibatkan unsur Satuan Polisi Airud dan Kamla Sungai Lumpur.

    Dishubkominfo OKI, Tohir Yanto S.Sos kepada wartawan Rabu, disela-sela Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi mengatakan, keselamatan penumpang dan motoris menjadi fokus perhatian pihaknya.

    Menurutnya, dengan mengimbau dan mensosialisasikan keselamatan kepada seluruh pengemudi Speed Boat keselamatan penumpang, agar mereka lebih faham dan waspada serta menyiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk perlengkapan kendaraan air tersebut.

    Tohir melanjutkan, pihaknya memberikan himbauan kepada seluruh pengemudi speed boat yang beroperasi jurusan Tulung- Sungai Lumpur, Sungai Pedade-Sungai Lumpur, Sungai Pasir-Sungai Lumpur, serta trayek jurusan Sungai Lumpur-Toboali Bangka agar melengkapi persyaratan angkutannya dengan beberapa legalitas resmi seperti Surat Regristrasi Kapal, surat kesempurnaan kapal dan surat serang atau surat untuk pengemudi Speed Boat.

    “Kami memberikan atensi agar setiap kapal yang aktif menyiapkan alat keselamatan penumpang seperti Baju Pelampung (Life Jacket) minimal 10 Set disetiap speed boat,” Ujarnya seraya menambahkan, agar setiap pemilik speed boat tidak melebihi kapasitas muatan (Over Load) demi keselamatan sekaligus mengurangi angka kecelakaan di sungai.

    Dalam kunjungan pembinaan ini, Dishub OKI menemukan speed boat angkutan jurusan Sungai Lumpur-Toboali Bangka yang tidak memenuhi standar pelayanan.

    Menurut Tohir, saat ini trayek jurusan ini hanya menggunakan speed boat dengan kekuatan mesin 80 PK, “Rute Sungai Lumpur-Toboali Bangka ini melewati Laut lepas, sedangkan daya mesin belum memadai,” Bebernya.

    Untuk menindaklanjuti hal ini, Pihak Dishub berinisiatif mengajukan usulan pengkajian pengadaan kapal penyeberangan ke Provinsi Sumatera Selatan,”Kewenangan perijinan berada di Dishubkominfo Provinsi Sumsel, karena rute sudah antar lintas Provinsi” Tuturnya.

    Kepala Dishubkominfo juga mengatakan, pihaknya juga meninjau langsung dermaga yang perlu diperbaiki dan pihaknya sudah mengajukan usulan ke Kementerian Perhubungan serta Dishubkominfo Provinsi Sumatera Selatan untuk dilakukan perbaikan dermaga. Karena, kerusakan dermaga ini miliki fungsi bagi masyarakat. Upaya ini sebagai kepedulian Dishub OKI terhadap keselamatan dan kenyamanan penumpang, ” Pungkasnya. (ata)

     

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com