• Daya Tampung SBMPTN Sebanyak 99.223

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com-  Ketua Panitia Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)  Rochmat Wahab mengatakan daya tampung penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi tertulis sebanyak 78 perguruan tinggi negeri (PTN) adalah 99.223 orang.
    “Jumlah alokasi daya tampung mahasiswa baru untuk setiap program studi paling sedikit 30 persen,”  ujar Rochmat dalam konferensi pers di Jakarta,  Jumat.
    Daya tampung tersebut masih bisa ditambah jika kuota seleksi berdasarkan nilai rapor atau SNMPTN tidak terpenuhi.
    Peserta yang diperbolehkan mengikuti SBMPTN adalah siswa lulusan tahun 2014 dan 2015 yang sudah memiliki ijazah.
    Kemudian siswa lulusan 2016 yang telah memiliki surat keterangan lulus pendidikan menengah.
    Juga memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran program studinya.
    Biaya penyelenggaraan SBMPTN ditanggung oleh peserta dengan subsidi dari pemerintah.  Biaya yang dikenakan sebesar Rp200.000.
    “Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui dua bank yakni Bank Mandiri dan BNI”.
    Peserta dapat memilih sebanyak tiga program studi.  Jika peserta hanya memiliki satu prodi peserta dapat memilih PTN dimana pun.  Sementara,  peserta yang memiliki dua atau tiga prodi harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan peserta mengikuti ujian tulis.
    “Pengelompokan PTN terbagi empat wilayah yakni wilayah satu (33 PTN),  wilayah dua (10 PTN),  wilayah tiga (20 PTN),  dan wilayah empat (15 PTN).”
    Berbeda dengan tahun sebelumnya, maka  pada tahun ini mulai diselenggarakan ujian berbasis komputer.  Ujian tulis bisa untuk semua kelompok ujian (soshum, saintek dan campuran).  Sementara ujian berbasis komputer hanya untuk kelompok ujian soshum dan saintek.
    Materi ujian terdiri dari tes kemampuan dan potensi akademik,  tes kemampuan bidang sesuai minat,  dan tes ujian keterampilan bagi peminat program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan.
    Siswa diperkenankan mendaftar mulai 25 April hingga 20 Mei.  Sedangkan ujiannya diselenggarakan pada 31 Mei.  Pengumuman SBMPTN dilakukan pada 28 Juni.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com