• Cimahi Tumbuhkan Semangat Masyarakat Gotong Royong

    0

    Cimahi, jurnalsumatra.com – Wali Kota Cimahi Atty Suharti menyatakan pemerintahan daerah yang dipimpinnya terus berupaya menumbuhkan semangat masyarakat untuk bergotong royong membantu sesama dan membangun bangsa.
    “Gotong royong yang tumbuh di masyarakat Indonesia menjadi penguat untuk membangun negeri ini,” kata Atty saat menerima rombongan tim penilai Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Jawa Barat di Kelurahan Citeureup, Cimahi, Selasa.
    Ia menuturkan nilai gotong royong masyarakat merupakan warisan para pejuang terdahulu di Kota Cimahi yang tetap hidup dan berkembang dengan terus membangun jati diri yang mandiri.
    Ia mencontohkan seperti kegiatan gotong royong bedah rumah di Cimahi merupakan upaya membantu masyarakat tidak mampu, kemudian kebersamaan ulama umaro sebagai sarana persamaan persepsi dan penanaman tentang  ibadah gotong royong.
    “Alhamdulillah seluruh komponen masyarakat dan pemerintahan telah menebarkan benih ‘kasaluyuan’ itu sebagai nilai yang harus dimiliki oleh rakyat Cimahi,” katanya.
    Ia mengungkapkan upaya membangun gotong royong saat ini mengalami kendala dengan munculnya kemajuan globalisasi informasi, kemajuan teknologi termasuk alat komunikasi yang mempengaruhi pola hubungan komunikasi masyarakat.
    Menurut dia pola komunikasi keluarga kecil saat ini semakin individualis, kemudian berlanjut pada keompok masyarakat yang terkesan sibuk dengan urusannya sendiri.
    “Kota  Cimahi dalam mensikapi kondisi itu telah mengutamakan meningkatkan nilai gotong royong dengan membuat motto dalam membangun kota saluyu ngawangun jati mandiri,” katanya.
    Ia berharap upayanya membangun gotong royong dapat memberikan kenyamanan, ketenteraman bagi masyarakat Kota Cimahi.
    “Semoga Allah membalas usaha kami menjadikan Kota Cimahi yang tenteram, damai, aman saluyu ngawangun jati mandiri, artinya bergotong royong,” kata Atty.
    Sementara itu, dalam rangka kegiatan BBGRM tingkat Provinsi Jabar, Kelurahan Citeureup menjadi daerah pelaksanaan terbaik gotong royong mewakili Pemerintah Kota Cimahi.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com