• Car Free Day senam, sepeda, Jalan santai, Sepakbola

    0

    CAR_FREE_DAY_2_-_FENYLahat, juranalsumatra – Hari pertama diberlakukan sistem Car Free Day (Hari Bebas Berkendara, red) diseputaran Jalan Mayor Ruslan I, II dan III, Kota Lahat berjalan baik sekali, dimana, dimulai sejak pukul 06.00 WIB-08.00 WIB.

    Terlihat dilapangan sendiri, tampak kendaraan baik itu roda dua dan empat yang biasanya hilir mudik di akses jalan protokol, kini, sepi dan terparkir di badan jalan, yang hanya aktifitas senam, bersepeda maupun bermain sepakbola, hal ini dimanfaatkan sebaik mungkin, baik itu dari jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Polres maupun masyarakat sekitar.

    Subardi (60) warga Kota Lahat menyebutkan, pemberlakukan sistem Car Free Day berjalan dengan sukses sekali, walaupun beberapa kendaraan masih ada saja yang melintas.

    “Secara keseluruhan program yang dicanangkan Pemerintah Daerah (Pemda) bekerjasama dengan Polres Lahat berjalan sebagaimana mestinya, ini tentunya dimanfaatkan oleh semua pihak untuk berolahraga,” ujarnya, Minggu (3/4).

    Sementara itu, Bupati Lahat, H Saifudin Aswari Rivai SE melalui HM Eduar menyebutkan, dalam sosialisasi pihaknya bekerjasama dengan Satlantas Polres Lahat telah menyebarkan spanduk maupun surat edaran guna memberlakukannya, dan sama sekali tidak ada kendaraan yang hilir mudik di akses jalan disebutkan diatas.

    “Nantinya akan ditempatkan petugas Satlantas maupun Dishubkominfo, ini tiada lagi menciptakan kawasan tertib lalin, dan waktu hanya dua jam saja,” katanya lugas.

    Menurut dia, untuk memeriahkan Car Free Day diisi dengan acara senam sehat, jalan santai dan bersepeda, oleh sebab itu, kepada masyarakat Kota Lahat dapat mendukung sekaligus memeriahkannya.

    “Mari kita wujudkan kawasan tertib lalin dan mulai belajar, seperti halnya di Jakarta setiap Minggu dalam kurun dua jam tidak ada kendaraan melintas diakses jalan telah ditentukan tersebut,” kata Eduar Kohar.

    Hal senada juga disampaikan, Kapolres Lahat, AKBP H Yayat Popon Ruhiyat Sik Msi melalui Kasatlantas, AKP Marully Sik membenarkan, bahwasanya mulai 3 April mendatang sepanjang Jalan Mayor Ruslan I, II dan III diberlakukan Car Free Day. Dengan menempatkan petugas dalam mengatur lalin nantinya selama dua jam.

    “Intinya, kita siap mendukung program yang dicanangkan Pemerintah dengan mewujudkan kawasan tertib lalin, akan tetapi, ini tidak terlepas dari partisipasi masyarakat untuk menyukseskannya dan berjalan sebagaimana mestinya, dimana, sama sekali tidak ada kendaraan melintas,” tegas Kapolres Lahat. (Din)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com