• Bupati: PT JOB Pertamina kurang peduli masyarakat

    0

    Baturaja, jurnalsumatra.com – Bupati Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Kuryana Azis menyayangkan sikap pihak manajemen PT JOB Pertamina Talisman Ltd yang beroperasi di wilayah itu yang kurang peduli terhadap masyarakat sekitar.

    “Padahal operasional tambang minyak di Kecamatan Peninjauan itu tidak bisa berjalan sukses tanpa andil pemerintah dan masyarakat sekitar,” kata Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Kuryana Azis pada acara silaturahim pengurus SKK Migas Sumbagsel juga menyertakan manajemen JOB Pertamina Talisman di Baturaja, Rabu.

    Menurut Bupati, pihak perusahaan itu seharusnya memperhatikan masyarakat sekitar, karena sejak lama melakukan eksploitasi sumur minyak, termasuk PT Tiara Bumi Petrolium, dan PT Paku Gajah seluruhnya beroperasi di Kecamatan Penijauan.

    “Kami tidak minta uang, tapi kami mengharapkan adanya dukungan perusahaan dalam program pembangunan pemerintah OKU untuk memberdayakan masyarakat,” katanya.

    Menurut dia, salah satunya program Pemkab OKU adalah ingin mempercantik Kota Baturaja, silahkan pihak perusahaan ikut andil mendukung program ini dengan cara apa saja.

    Ia menambahkan, pemerintah OKU kerap meminta bantuan kepada pihak Talisman, namun seolah-olah tidak merespon hal itu.

    Bahkan adanya penggantian manajer perusahaan tersebut dirinya tidak mengetahui sama sekali, sehingga pihak perusahaan terkesan kurang perduli terhadap masyarakat dan pemerintah setempat.

    “Setiap kali usul yang kami sampaikan tidak pernah dipenuhi, bahkan sampai adanya pergantian fild manajernya puna kami tidak tahu, mudah-mudah dengan pimpinan baru ini akan lebih peduli. Sekarang ini kami ada rencana pembangunan gerbang Kota Baturaja, kalau perusahaan mau membantu silahkan kordinasi dengan Sekda OKU,” kata Kuryana.

    Sementara tidak hanya bupati saja yang mengkritik JOB Pertamina Talisman, Wakil Bupati Johan Anuar juga menyinggung perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas ini.

    “Jangan bodohi masyarakat, adanya kesenjangan antara perusahaan dengan masyarakat sekitar terlihat sekali, contohnya jalan menuju perusahaan dalam kondisi baik namun bagaimana dengan jalan yang digunakan masyarakat di beberapa desa di wilayah perusahaan dalam kondisi rusak dan memprihatinkan,” kata Johan Anuar.

    Johan mengingatkan sejumlah perusahaan yang ada di OKU termasuk JOB Pertamina Talisman agar lebih peduli dengan masyarakat sekitar dan pemerintah daerah, karena sesuai aturan yang ada perusahaan memiliki kewajiban untuk memperhatikan masyarakat sekitar.

    “Kalau ada perusahaan yang beroperasi di wilayah OKU tidak peduli dengan masyarakat sekitar dan pemerintahan setempat saya akan ambil tindakan tegas untuk mengingatkan mereka,” katanya.

    Ia menambahkan, kalau dibanding dengan hasil bumi OKU yang dieksploitasi dengan bantuan yang diberikan kepada masyarakat tidaklah sebanding, sehingga jangan ciptakan kesenjangan dengan masyarakat sekitar, konsekuensinya jelas akan diberlakukan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com