• Bupati: Minat Baca Dorong Peningkatan Mutu Pendidikan

    0

        Pandeglang, jurnalsumatra.com – Bupati Pandeglang, Provinsi Banten, Irna Narulita menyatakan minat membaca akan mendorong peningkatan mutu pendidikan yang sekarang sedang diperjuangkan oleh pemda setempat.
    “Peningkatan mutu pendidikan tetap menjadi skala prioritas di Kabupaten Pandeglang, untuk meningkatkan mutu tersebut terlebih dulu harus ditingkatkan minat untuk membaca,” katanya di Pandeglang, Rabu.
    Jika pada siswa memiliki minat untuk membaca, kata dia, wawasannya akan bertambah  dan dapat berpikir cerdas. Ke depan akan lahir generasi muda yang berkualitas untuk mengisi pembangunan, baik di daerah maupun pusat.
    Pemkab Pandeglang, kata dia, terus mendorong agar para siswa memiliki minat untuk membaca, diantaranya melalui lomba bercerita yang setiap tahun digelar oleh Kantor Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (KPAD).

        Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Pandeglang Anwar Fauzan sebelumnya menyatakan setiap sekolah didorong untuk menyediakan buku paket/teks mencakup semua pelajaran untuk pegangan siswa.
    “Penyediaan buku paket sebagai pegangan itu, dimaksudkan agar para siswa mau membaca buku yang sesuai dengan kurikulum sehingga peningkatan kualitas pendidikan bisa diwujudkan,” ujarnya.
    Pemkab Pandeglang, kata dia, telah memogramkan agar setiap sekolah, terutama SMP/sederajat agar menyediakan bukut teks mencakup semua bidang pelajaran dengan perbandingan satu set untuk setiap peserta didik.
    Buku paket itu, kata dia, sesuai dengan standar dan sudah ditetapkan kelayakannya oleh pemerintah, dan setiap ada perubahan harus disesuikan.
    Ia juga menyatakan, dari hasil evaluasi terhadap perkembangan pendidikan di daerah itu, memang masih belum sesuai harapan, walapun setiap tahun cenderung terjadi peningkatan, baik kuantitas maupun kualitasnya.
    “Kami telah telah menyusun beberapa strategis untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan melalui optimalisasi layanan pendidikan,” katanya.
    Anwar menyatakan strategis yang perlu dan akan dilaksanakan, di antaranya pada setiap SMP/sederajat tersedia satu orang guru untuk setiap mata pelajaran, dan untuk daerah khusus tersedia 1 guru untuk setiap rumpun mata pelajaran.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com