• Bupati karangasem tinjau mata air tirtagangga

    0

    karangasem, jurnalsumatra.com – bupati karangasem i gusti ayu mas sumatri mengambil langkah konkret dengan melakukan peninjauan langsung ke sumber mata air tirtagangga di desa ababi, kecamatan abang, sebagai langkah untuk mencari solusi terkait pemenuhan air bersih di wilayahnya.
    bupati mas sumatri, jumat, mengatakan bahwa peninjauan ini dilakukan dengan maksud mensurvei dan meneliti kondisi yang ada pada sumber mata air tirtagangga. hal ini dikarenakan tirtagangga debit airnya sangat besar, sehingga merupakan salah satu sumber mata air yang dipergunakan pdam karangasem untuk memasok kebutuhan air bersih bagi warga karangasem.
    “jadi dengan kondisi yang ada sekarang, pemkab karangasem akan mengambil langkah-langkah strategis. baik itu memperbaiki kondisi yang ada, maupun mengupayakan adanya pembangunan reservoar atau bak penampungan air, untuk menyiasati agar air tidak terbuang percuma,” ujarnya.
    dia melanjutkan, dengan demikian maka subak desa setempat tetap mendapatkan air untuk irigasi. di samping itu, pada saat pengurasan kolam debit air pdam tidak turun, sehingga pelayanan air bersih di karangasem ini dapat diatasi. walaupun tidak secara keseluruhan, paling tidak setiap tahun pelayanan air bersih ini ada peningkatan.
    “kami nantinya akan mengundang tokoh-tokoh puri karangasem selaku pemilik areal kolam titagangga untuk duduk bersama dengan pemkab karangasem dalam mencarikan solusi pemecahan dalam pemenuhan air bersih bagi warga karangasem. pemkab karangasem akan mengajukan mou yang diteruskan dengan perjanjian kerja sama terkait pengelolaan sumber mata air tirtagangga,” ujarnya.
    bupati karangasem mas sumatri saat peninjauan menyatakan harapannya agar pemilik  dan masyarakat di kawasan tirtagangga untuk ikut serta menjaga sumber mata air yang ada, dengan melestarikan lingkungan dan pepohonan yang tumbuh di sekitarnya.
    ketika melakukan peninjauan, bupati karangasem didampingi staf ahli, kadis pu beserta staf, bappeda, bagian ekonomi, pdam karangasem, sekretaris blh, satpol pp dan bagian humas.
    rombongan diterima tokoh puri karangasem selaku pemilik aa dharma dan aa viter karang selaku pemilik areal kolam tirtagangga, dengan kehangatan. bupati mas sumatri sesampai di lokasi mendapati kalau sumber airnya sangat besar, sehingga fungsikan untuk pemandian, serta dimanfaatkan untuk irigasi subak desa setempat.
    bupati mas sumatri kemudian memerintahkan untuk melakukan pengecekan pada bak empat penyambungan pipa pdam. setelah dibuka, dari tiga bak yang ada satu, didapati ada penyumbatan dan airnya turun karena masih dalam proses pengurasan alam.
    “karena ada lempengan beton yang ditaruh di dasar kolam menyebabkan air kolam cepat berbau. dan lamanya pengurasan dan pengisian air kembali kolam renangnya memerlukan waktu satu hari penuh. itulah sebabnya debit air pdam jadi turun ada saat pengurasan,” ucap aa dharma menambahkan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com