• Bengkalis Gelar Pelatihan Kepemimpinan Tingkatkan Kemampuan ASN

    0

    Bengkalis, jurnalsumatra.com – Untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pemerintah setempat menggelar pendidikan dan pelatihan kepemimpinan Tingkat IV dan Pra Jabatan Golongan III, yang dipusatkan di Kantor Bupati Bengkalis, Senin.
    “Jadikan kegiatan Diklat ini sebagai media untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya dalam pengembangan kompetensi, sehingga menjadi Pegawai ASN profesional, memiliki mental dan siap mewujudkan kepemerintahan yang bersih. Serta mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Senin.
    Ia mengatakan, birokrasi Indonesia memasuki era baru pasca diundangkannya Undang-Undang (UU) No 5/2014 tentang Aparatur Sipil Negara. Dalam UU itu, katanya, ASN merupakan suatu profesi yang didasarkan pada kompetensi dan profesionalitas suatu jabatan.
    “Artinya, pegawai ASN  merupakan aset, bukan labor. Konsekwensinya dan seperti diamanatkan dalam Pasal 21 huruf e UU No 5/2014, Pegawai ASN  berhak memperoleh pengembangan kompetensi,” katanya.
    Dijelaskannya, sebagaimana dipersyaratkan UU tersebut, ada tiga kompetensi yang harus dimiliki dan menjadi syarat utama seorang Pegawai ASN  untuk diangkat dalam suatu jabatan, yaitu kompetensi teknis, manajerial, dan sosial cultural.
    “Pengembangan kompetensi bagi seorang Pegawai ASN, bertujuan untuk memastikan dan memelihara kemampuannya, sehingga memenuhi kualifikasi yang diprasyaratkan. Agar dapat memberikan kontribusi optimal bagi organisasi,” katanya lagi.
    Menurut dia, seorang Pegawai ASN  tidak mungkin dapat menjalankan fungsinya sebagai public service yang profesional, apabila kompetensi yang dimilikinya kurang apalagi tidak memadai.
    “Untuk itu dan sebagai bagian integral dalam manajemen sumber daya manusia (SDM), salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Bengkalis untuk pengembangan kompetensi dimaksud, yaitu mengikutsertakan Pegawai ASN  pada berbagai pelaksanaan kegiatan Diklat,” ujar Amril.
    Hal itu dikatakannya usai membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV (Diklat Pim Tk. IV) dan Pra Jabatan Golongan III di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis tahun 2016, Senin (18/4).
    Pembukaan kegiatan Diklat tersebut diikuti 114 peserta, yaitu 40 untuk Diklat Pim Tk. IV dan 74 Pra Jabatan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com