• Barito Kuala Tetapkan Dua Kecamatan Darurat Banjir

    0

    Marabahan, jurnalsumatra.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Ardiansyah mengatakan Pemkab Batola menetapkan status darurat penanganan bencana banjir di dua kecamatan yakni, Kecamatan Kuripan dan Kecamatan Tabukan.
    “Bila tidak ada aral, Senin (19/4) kami bersama Bupati Batola H Hasanuddin Murad bertolak ke Jakarta melaporkan status darudat banjir tersebut,” ucap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Batola Ardiansyah di Marabahan, Sabtu.
    Menurut dia, keberangkatan bupati dan BPBD Batola ke pemerintah pusat di Jakarta untuk koordinasi dan mengajukan usulan dana penanganan banjir di daerah tersebut.
    Dana yang hendak diusulakan ke pusat tersebut, terang dia,  dipergunakan untuk keperluan masyarakat tertimpa musibah banjir, dan digunakan sebagai  operasional petugas penanggulangan bencana di lapangan.
    Dijelaskannya, besaran dana yang diusulakan ke pemerintah pusat sebesar Rp695 juta bersumber dari dari pos tak terduga Badan Penanggulangan Bencana Nasional.
    Selain mengajukan usulan ke pemerintah pusat, sebut dia, jajaran Pemkab Batola telah mengusulkan bantuan beras sebanyak 37 ton ke Pemerintah Provinsi Kalsel.
    Beras tersebut, jelas dia, merupakan beras cadangan Pemprov Kalsel yang dititipkan di gudang Dolog Kalsel, dan nantinya  digunakan untuk keperluan masyarakat di dua kecamatan berjumlah 8.227 jiwa.
    Musibah banjir yang melanda dua kecamatan di Batola tersebut, ucap dia, masih terjadi, dan debit air  merendam dua kecamatan  tersebut belum turun.
    Lebih lanjut dia mengemukakan,  dampak dari banjir itu, tidak hanya mengakibatkan masyarakat setempat tidak bisa bekerja, tetapi juga mengakibatkan serangan penyakit kulit.
    Saat ini masyarakat di dua kecamatan tersebut, ungkap dia, mulai terserang  gatal-gatal, karena warga setempat mandi dengan air sungai yang meluap ke permukiman mereka.
    Kemudian, terang dia, banjir terjadi di dua kecamatan tersebut,  berlangsung sejak 1 April 2016, dan penanganan bantuan terhadap masyarakat terdampak musibah tersebut  cepat dilakukan Pemkab Batola.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com