• Bangsa Eropa Siap Investasi Kopi Pagaralam

    0
    Bangsa Eropa Siap Invesasi Kopi Pagaralam

    Bangsa Eropa Siap Invesasi Kopi Pagaralam

    Pagaralam – Kopi Kota Pagaralam yang khas menarik perhatian dan digemari oleh masyarakat Eropa termasuk  kedatangan investor tiga Negara yaitu Jerman, Belanda dan Australia, Minggu (10/4)

    Investor dari tiga negara ini selain menggali informasi melalui Walikota Ida Fitriati tentang potensi kopi dan hultikultura, kemudian dilanjutkan dengan meninjau langsung sejumlah lahan pertanian dan perkebunan.

    “Memang ada  investor dari tiga negara datang ke Pagaralam untuk menjajaki investasi pengembangan kopi dan sayur,” kata Walikota Ida Fitriati, kemarin.

    Dia mengatakan, investor ini cukup berminat untuk berinvestasi pembelian dan pengrmbangan budidaya kopi. Demikian juga dengan tanaman sayuran.

    “Kita tinggal menunggu mereka membuat rencana melakukan MOU langsung dengan petani tentang pengembangan kopi, sayur dan buah,” ujarnya.

    Sedangkan pembangunan PLTA, kata Ida, akan segera dibuat surat pengantar untuk dibuat izin prinsip dari Gubernur Sumsel.

    Sementara Kepala Dishutbun, Jumaldi Jani SP mengatakan, sejak  tahun 2011, lalu sudah banyak investor datang untuk pengolahan kopi termasuk sumberdaya alam lainnya.

    Menurut  Jumàldi,  tercatat ribuan hektate kebun kopi yang terdapat di Kota  Pagaralam jenis robosta hanya sebagian kecil arabika,  dengan prodiksi mencapai 54000 ton per tahun.

    “Produksi kopi di Pagaralam memang cukup berfluktuasi.  Namun demikian Pagaralam merupakan daerah produsen kopi terbesar di Sumsel, dan pemasok utaman èkspor Provinsi Lampung,” ujarnya.

    Kemudian, kata Jumaldi, dari data yang berhasil dihimpun rata-rata 31 persen dari total ekspor kopi Indonesia adalah tujuan Eropa. Dengan semakin meningkatnya permintaan kopi dunia termasuk dari negara Eropa. (Asa)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com