• Bahasa Ibu Dimasukkan Ke Renstra Disdik Papua

    0

    Jayapura, jurnalsumatra.com – Mitra Pengembangan Kapasitas dan Analisis Sektor Pendidikan (ACDP) Indonesia akan memasukkan penggunaan bahasa ibu ke penyusunan Rencana Strategis dan RPJMN Kementerian dengan RPJMD Dinas Pendidikan di Papua.
    David Harding, Ketua Penelitian Pendidikan dari ACDP Indonesia, di Jayapura, Kamis, mengatakan bahasa ibu dipakai sebagai bahasa pengantar dalam kelas kepada siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan kelas awal Sekolah Dasar di Papua.
    “Penggunaan bahasa ibu sebagai bahasa pengantar ini dinilai sebagai langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Papua,” katanya.
    Menurut David, pihaknya merupakan mitra pembangunan pendidikan di Papua yang mendukung penyempurnaan Renstra Bidang Pendidikan Papua 2013-2018 bersama USAID.
    “Kami secara khusus menyusun matriks untuk mengidentifikasi kesenjangan, kesamaan, keterhubungan, perkembangan terbaru dan prioritas pembangunan pendidikan,” ujarnya.
    Dia menuturkan matriks ini dibandingkan dengan antara apa yang tercantum dalam RPJMN serta Renstra Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan RPJMD serta Renstra Dinas Pendidikan Provinsi Papua.
    “Sejak November 2015 hingga Maret 2016 kami bekerja secara intensif untuk menyelaraskan dan menulis konsep perubahan Renstra Pendidikan Papua ini, melalui sedikitnya tiga kali pertemuan serta lokakarya bersama seluruh pemangku kepentingan bidang pendidikan di Bumi Cenderawasih,” katanya.
    Dia menambahkan pihaknya juga melakukan harmonisasi dengan berbagai prioritas dalam Program Gerbangmas Hasrat Papua.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com