• Asdeksi KALBAR Gelar Raker Dan Pelantikan Pengurus

    0

    Sungai Raya, Kalbar, jurnalsumatra.com – Asosiasi Sekretaris DPRD Kabupaten/Kota (Asdeksi) se-Kalbar melakukan rapat kerja dan pelantikan pengurus daerah sebagai langkah penguatan lembaga tersebut dalam menjalankan tugas dan fungsinya.
    “Diharapkan dari kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan asosiasi ini sehingga memiliki peran yang lebih baik dalam pemerintahan,” kata Sekretaris Dewan Kubu Raya, Muhammad Noh Syaiman di Sungai Raya, Sabtu.
    Noh yang baru saja menjabat sebagai Sekretaris Dewan tersebut mengatakan, Sekwan merupakan jabatan yang hampir mirip dengan jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) karena tidak memiliki tongkat komando tapi memiliki staf.
    Dengan demikian, Sekwan harus mengerti politik untuk melayani orang politik namun tidak untuk berpolitik.
    “Awalnya memang perlu penyesuaian untuk mengisi jabatan ini, namun alhamdulillah banyak rekan-rekan yang membantu saya sehingga saya bisa menjalankan tugas ini dan bergabung dengan asosiasi ini,” tuturnya.
    Dijelaskannya, rapat kerja yang dilaksanakan pihaknya itu sebagai upaya peningkatan kualitas aparatur sekretariat dewan, memberikan motivasi kerja sehingga aparatur sekretariat dewan tahu ranah kerja PNS yang harus dijalankan sebaik-baiknya.
    Mengingat sekretariat dewan merupakan faktor penentu kelancaran pelaksanakan tugas pokok dan fungsi dewan, sehingga harus bekerja secara profesional.
    Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengharapkan asosiasi tersebut agar mampu melaksanakan tugas dan fungsi sebagai perangkat dalam mediasi dua lembaga, antara legislatif dan eksekutif.
    “Kami akan mendukung pelaksanaan rapat sekretaris DPRD Kabupaten Kota se-Kalbar ini karena peran Sekwan jelas sangat penting, terutama dalam menyelenggarakan kesekretariatan administrasi keuangan dan paling utama dalam mendukung tugas dan fungsi DPRD,” tuturnya.
    Hermanus mengatakan peran penting dari sekretariat ini menentukan sebuah pelaksanaan tugas dalam kedua lembaga, baik dari legislatif dan eksekutif. Dukungan operasional dari sekretariat merupakan kewajiban kepada DPRD tetapi juga punya tanggung jawab secara administrasi kepada pemerintah daerah.
    Dia menambahkan, jabatan Sekwa merupakan jabatan yang unik, karena menjadi penghubung antara eksekutif dan legislatif. Sehingga menjadi jabatan pilihan dan tidak banyak aparat yang mampu menduduki jabatan tersebut.
    “Bahkan untuk memberi jabatan Sekwan harus melalui dua persetujuan, yakni persetujuan dari pimpinan DPRD dan Kepala Daerah. Terkait rapat kerja tersebut, saya berhadap agar bisa menjadi wadah untuk bertukar pikiran, informasi serta menghasilkan rekomendasi dalam upaya peningkatan kualitas kinerja aparatur sekretariat DPRD masing-masing,” kata Hermanus.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com