• Animo Masyarakat Bertransmigrasi Tinggi

    0

          Solo, jurnalsumatra.com – Animo masyarakat untuk ikut program transmigrasi keluar Jawa tinggi, tetapi kuota yang tersedia sangat terbatas, akibatnya banyak mereka yang harus antri menunggu untuk diberangkatkan bertransmigrasi ke luar Jawa.
    “Ada 70 kepala keluarga (KK) di Kota Solo  masuk daftar antrean diikutsertakan dalam program transmigrasi ke luar Jawa, tetapi tahun ini hanya delapan KK akan diberangkatkan ke Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan,” kata Kadis Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkot Surakarta Sumartono Kardjo di Solo, Selasa.

            Ia mengatakan mereka itu akan diberangkatkan ke Kabupaten Takalar akhir April 2016.  Setiap tahunnya Solo hanya menerima jatah 10 kepala keluarga yang akan diberangkatkan transmigrasi ke luar Jawa.
    Padahal secara keseluruhan jumlah keluarga yang masuk daftar antrean calon transmigrasi mencapai 70-an kepala keluarga. Mereka menunggu panggilan berikutnya untuk ikut transmigrasi.
    Ia mengatakan pemberangkatan delapan keluarga ke Takalar pada April nanti merupakan program transmigrasi tahun lalu. Program tersebut tertunda lantaran ketidaksiapan sarana dan prasarana di daerah tujuan tersebut.
    Dikatakan sehingga program transmigrasi baru bisa dilaksanakan tahun ini, dengan konsekuensi kehilangan kuota baru.

            “Jadi jatah tahun ini tidak dapat, kami hanya akan memberangkatkan delapan keluarga yang tertunda di tahun lalu,” katanya.
    Sumartono mengatakan di Kabupaten Takalar, para transmigran akan menjadi petani rumput laut. Mereka akan menerima uang saku Rp5 juta per keluarga dari Pemkot, serta dibekali peralatan bertani.
    Sementara dari Pemerintah Pusat, para transmigran akan mendapatkan jaminan hidup (jadup). Besaran jadup tersebut nanti ditetapkan langsung Pemerintah Pusat.
    “Calon transmigran yang diberangkatkan nanti akan diseleksi. Sebelumnya kami memaparkan dulu kondisi daerah yang akan dituju, jadi mereka (calon transmigran) apakah berminat atau tidak,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com