• Anggota DPRD Dorong Pemerintah Revitalisasi Pasar Tradisional

    0

         Denpasar, jurnalsumatra.com – Anggota DPRD Bali Ketut Nugraha Pendit mendorong pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten untuk melakukan revitalisasi pasar tradisional dan upaya memperindah dan menarik pengunjung ke pasar tersebut.
    “Pasar-pasar tradisional perlu dilakukan revitalisasi dalam upaya menumbuhkan perekonomian rakyat. Karena belakangan ini pasar tradisional pengunjungnya menurun, hal itu juga dipacu semakin banyaknya pasar-pasar modern,” katanya di Denpasar, Jumat.
    Ia mengatakan memang pemerintah pusat sudah mengalokasikan revitalisasi pasar tradisional, namun khusus di Bali perlu dilakukan pendekatan ke pusat lebih intensif. Disamping itu juga pemerintah daerah agar menganggarkan untuk revitalisasi pasar tradisional.
    “Penganggaran pada pemerintah daerah sebagai langkah antisipasi bila anggaran dari pusat belum cair untuk program revitalisasi, sehingga kondisi seperti itu bisa dilakukan oleh pemerintah daerah sendiri,” kata politikus Partai Gerindra.

         Menurut dia, pasar tradisional sudah ada sejak zaman dahulu. Namun seiring kemajuan teknologi dan informasi, maka pasar tradisional harus manajemennya berbenah ke arah lebih baik, sehingga bisa juga bersaing dengan pasar modern.
    “Manajemen pasar tradisonal harus mampu mengadopsi pasar modern, sehingga bisa bersaing secara sehat. Oleh karena itu penataan dalam kawasan pasar tradisional harus lebih luas dan menawarkan produk yang higienis,” ucap anggota Komisi II DPRD Bali yang membidangi perekonomian.
    Nugraha Pendit lebih lanjut mengatakan bila pasar tradisional ingin maju, yang pertama diperbaiki adalah manajemen pasar, baik mulai pengurus, penataan pasar dan produk yang ditawarkan menjamin higienitasnya.
    “Saya optimistis pasar tradisional tidak akan kalah bersaing dengan pasar tradisional, bila sudah dilakukan revitalisasi dan menyediakan produk sesuai dengan keperluan, maka warga akan berbelanja di pasar tersebut,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com