• Agam Dapat Bantuan 200 Rumah Untuk Nelayan

    0

    Lubuk Basung, Sumbar jurnalsumatra.com – Kabupaten Agam, Sumatera Barat, mendapatkan bantuan rumah sebanyak 200 unit dari pemerintah pusat untuk nelayan di Kecamatan Tanjung Mutiara pada 2016.
    “Pembangunan rumah untuk nelayan ini dilakukan dalam waktu dekat dan berharap selesai pada akhir 2016,” kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Agam, Ermanto di Lubuk Basung, Sabtu.
    Ia menambahkan ke 200 unit rumah ini akan dibangun di Tiku Selatan sebanyak 100 unit dan Tiku Lima Jorong sebanyak 100 unit.
    Saat ini lahan untuk membangun rumah tersebut sudah ada dan telah memiliki sertifikat, dengan satu unit rumah dengan ukuran 10×15 meter.
    Sementara nelayan yang akan mendapatkan bantuan rumah tersebut berasal dari keluarga miskin, memiliki kartu nelayan dan belum memiliki rumah.
    “Nama-nama nelayan penerima bantuan rumah ini merupakan usulan dari wali nagari dan pemerintah kecamatan, setelah itu dilakukan verifikasi oleh tim dari provinsi,” ujarnya.
    Jumlah nelayan di Agam sebanyak 2.780 orang yang terdiri dari nelayan penuh sebanyak 1.689 orang, nelayan sambilan sebanyak 561 orang dan nelayan perairan umum sebanyak 530 orang.
    “Dari 2.780 orang ini sekitar 25 sampai 30 persen telah memiliki rumah,” tegasnya.
    Tokoh masyarakat Tiku Lima Jorong, Agus Maidi Sidi Mandaro menambahkan pihaknya sudah menyediakan lahan di Muaro Putih dengan luas sekitar dua hektare dan tanah ini telah memiliki sertifikat.
    Tanah seluas dua hektare ini akan digunakan untuk membangun rumah dan fasilitas umum.
    “Kami menyediakan dua hektar lahan untuk membangun 100 unit rumah. Ini bentuk dukungan kami terhadap program tersebut agar nelayan memiliki rumah,” katanya.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com