• 60 Pesawat Atraksi Saat Peringatan HUT TNI-AU

    0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Sebanyak 60 pesawat TNI Angkatan Udara dari berbagai jenis akan unjuk kebolehan dalam demo udara (atraksi) saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-70 TNI AU pada Sabtu (9/4), di Taxy way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.
    Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama Dwi Badarmanto menjelaskan, 60 pesawat itu nantinya akan melaksanakan berbagai atraksi udara yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat.
    “Pesawat-pesawat tersebut akan melakukan berbagai atraksi udara seperti ‘flypass composite strike’ pesawat tempur, ‘flypass’ simulasi serangan udara langsung, display tim Jupiter Aerobatic Team (JAT), bomb burts, high speed past serta penarikan banner,” ujar Dwi saat pelaksanaan Gladi Bersih di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis.
    Dwi merincikan, 16 pesawat tempur yang terdiri dari empat pesawat Sukhoi SU-27/30, empat pesawat F-16, empat pesawat Hawk 100/200 dan empat pesawat T-50i akan mendemonstrasikan Serangan Udara Strategis.
    “Nantinya juga yang menarik flypass 16 pesawat latih Grob G-120 TP akan membentuk amgka 70 serta manuver cantil tim JAT yang diperankan enam Pesawat KT-1 Woong Bee,” jelas Dwi.
    Pasukan terjun payung juga akan ditampilkan pada acara yang dijadwalkan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).
    “Dua Pesawat C-130 Herculeas akan menerjunkan ratusan prajurit Paskhas AU,” pungkas Dwi.
    Selain itu, prajurit Paskhas akan menampilkan berbagai simulasi di antaranya simulasi perang kota.
    “Pada simulasi perang kota, prajurit Paskhas akan memperagakan berbagai taktik, strategi dan keterampilan pertempuran darat,” ujar Dwi.
    Tema peringatan HUT TNI tersebut adalah ‘Dilandasi Moralitas, Integritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI Angkatan Udara Siap mengamankan Wilayah Dirgantara Dalam Rangka Penegakkan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI’. Tema tersebut, menyiratkan adanya komitmen yang kuat dari TNI AU dalam melaksanakan tugas sebagai penegak kedaulatan wilayah udara dan hukum di dirgantara.
    Pasukan upacara yang terlibat sebanyak 1.820 orang yang terdiri dari dua brigade. Brigade upacara l terdiri dari satu batalyon Pamen gabungan, satu batalyon Pama gabungan, satu batalyon gabungan taruna AAU, Wara dan Pomau, satu batalyon air crew.
    Brigade upacara ll, terdiri dan’ satu batalyon Paskhas, satu batalyon Bintara dan Tamtama satu batalyon PNS dan kelompok Potdirga.
    Dalam geladi bersih tersebut, Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Agus Supriatna langsung meninjau pelaksanaan geladi tersebut.
    Saat meninjau pelaksanaan geladi bersih itu, KSAU melihat sendiri dua penerjun dari Batalyon 461 Paskhas jatuh dan dilarikan ke rumah sakit milik TNI AU.
    Satu jam berselang, TNI AU dikabarkan berita duka bahwa dua penerjun, yakni Kopda Beni dan Pratu Supranoto meninggal dunia karena mengalami cedera parah.
    “KSAU merasa sedih dengan adanya insiden tersebut,” kata Kadispenau.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com