• 13 Kelurahan Di Bengkulu Ditagetkan Bebas Kumuh

    0

         Bengkulu, jurnalsumatra.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan 13 kelurahan di tiga kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu bebas kumuh melalui program Kota Tanpa Kumuh atau Kotaku.
    Koordinator Program Kotaku Provinsi Bengkulu, Harmudya di Bengkulu, Senin mengatakan ke-13 kelurahan tersebut berada di wilayah Kota Bengkulu tujuh kelurahan, Kabupaten Rejanglebong  empat kelurahan dan Kabupaten Bengkulu Selatan dua kelurahan.
    Prgram Kotaku adalah nama terbaru dari Kementerian PUPR untuk mengentaskan kawasan kumuh di wilayah perkotaan, ujar Harmudya.
    Menurut dia, program ini dioperasionalkan Ditjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen. PUPR) dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Fokusnya adalah mewujudkan permukiman yang layak huni tanpa menggusur.

         Program tersebut kata dia dilaksanakan secara nasional di 269 kota dan kabupaten di 34 provinsi, termasuk Bengkulu.
    Basis penangananan kawasan kumuh mengintegrasikan berbagai sumber daya dan sumber pendanaan, termasuk dari pemerintah pusat, provinsi, kota dan kabupaten, pihak donor, swasta, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya.
    Lewat program ini akan terbangun sistem yang terpadu untuk penanganan kumuh yang mengedepankan partisipasi masyarakat, ujarnya.
    Berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman, dijelaskan bahwa permukiman kumuh adalah permukiman yang tidak layak huni karena ketidakteraturan bangunan, tingkat kepadatan bangunan yang tinggi, dan kualitas bangunan serta sarana dan prasarana yang tidak memenuhi syarat.
    Khusus untuk bidang keciptakaryaan, sarana dan prasarana adalah jalan Lingkungan, drainase lingkungan, penyediaan air bersih, pengelolaan persampahan, pengelolaan air limbah, pengamanan kebakaran dan ruang terbuka hijau.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com