• Warga Perkebunan Minati Alih Fungsi Lahan

    0

    Kayuagung, Sumatera Selatan, jurnalsumatra.com – Warga pemilik perkebunan karet di Kecamatan Lempuing Jaya, Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, berminat mengalihfungsikan lahannya menjadi pertanian sebagai respon atas anjloknya harga komoditas sejak pertengahan tahun lalu.
    Camat Lempuing Jaya Dodi, Senin, mengatakan terdapat puluhan hektare lahan milik warga yang siap dikembalikan menjadi lahan pertanian dan hal ini sudah dilaporkan ke pemerintah kabupaten.
    “Warga sudah sangat berminat, tapi masih terkendala dana. Saat ini mereka membutuhkan bantuan dana untuk mencabut tunggul-tunggul karet dan sawit,” kata dia.
    Menurutnya, anjloknya harga karet petani hingga di kisaran Rp4.000 per kg telah mematik semangat warga Lempuing Jaya untuk bertani kembali.
    “Sebelumnya karet dan sawit menjadi primadona, banyak lahan persawahan dialihfungsikan ke perkebunan, sekarang sebaliknya. Mereka ingin bertani lagi karena melihat harga gabah cukup tinggi,” kata dia.
    Kepala Dinas Pertanian Ogan Komering Ilir Syarifuddin mengatakan pemerintah kabupaten telah menerima laporan mengenai keinginan warga ini.
    Berdasarkan data yang diterima, di Kecamatan Lempuing dan Lempuing Jaya terdapat sekitar 25 ribu hektar lahan perkebunan yang siap dialihfungsikan menjadi pertanian.
    “Pemkab siap membantu dengan menggangarkan dana di APBD sebesar Rp100 juta untuk membantu pencabutan tunggul-tunggul karet dan sawit,” kata dia.
    Komandan Kodim (Dandim) 0402 OKI/OI Letkol Kav Dwi Irbaya Sandra mengatakan, TNI sangat mendukung upaya petani yang ingin mengalihfungsikan lahannya menjadi lahan pertanian .                “TNI siap membantu masyarakat karena sudah berkomitmen membantu negara dalam mewujudkan swasembada pangan. Dengan penambahan luas sawah maka target produksi akan tercapai,” kata dia.
    Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, menargetkankan penambahan luas lahan sawah untuk menghasilkan 851.511 ton gabah kering giling pada tahun ini.
    Sementara ini di OKI terdapat luas lahan panen 186.326 hektare dan luas tanam 195.106 ha.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com