• Wali Kota Resmikan Vihara Buddha Maitreya

    0

         Makassar, jurnalsumatra.com – Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto meresmikan purnapugar Vihara Budha Maitreya di Jalan Sangir setelah menyelesaikan masa pembangunannya.
    “Dengan hadirnya satu lagi vihara peribadatan untuk kaum Buddha ini semakin mempertegas jika Makassar ini kota yang plural dengan tingkat toleransi yang tinggi,” kata Wali Kota Mohammad Ramdhan Pomanto yang didampingi tokoh Tionghoa menyampaikan rasa bahagianya atas peresmian Vihara Buddha Maitreya ini.
    “Tentunya  wali kota yang paling berbahagia dengan peresmian ini. Dalam visi Kota Makassar, Membangun Kota Dunia yang Nyaman untuk Semua termasuk seluruh umat beragama,” katanya.
    Vihara Budha Maitreya berdiri di atas lahan seluas 400 meter persegi dengan luas 2.000 meter persegi. Inisiasi pembangunan vihara berlantai lima itu berlangsung sejak Januari 2013, dan rampung pada 2016.
    Danny (sapaan akrab wali kota) berharap dengan hadirnya vihara Maitreya dapat menambah keimanan umat Budha di Makassar dua kali tambah baik.
    “Semoga dengan peresmian ini, mampu membuat kita lebih dekat kepada Tuhan dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitarnya,” harapnya.
    Peresmian vihara Budha Maitreya hari itu, menambah jumlah fasilitas peribadatan di kota ini. Berdasarkan data yang didapatkan, jumlah vihara saat ini sebanyak 22.
    “Saat ini jumlah vihara di Makassar sebanyak 22 dengan pemeluk agama Budha sebanyak 50.000 orang lebih,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Selatan, Abd Wahid Tahir.
    Wahid juga menyebutkan bahwa kerukunan umat beragama di Makassar sangat baik yang terlihat dengan tidak pernahnya konflik terjadi hanya karena beda keyakinan.
    Agamawan Budha, Romo Mahapandita Selamet Sentoso menyampaikan vihara Budha Maitriya dilengkapi auditorium, asrama, dan sekolah minggu bagi para jemaat.
    “Vihara ini juga dilengkapi fasilitas diklat yang diharapkan mampu mengembangkan peradaban yang memuliakan segala bentuk kehidupan di bumi,” ujar Romo Selamet.
    Vihara Budha Maitriya sudah ada sejak Maret 1996 dan difungsikan sebagai tempat ibadah oleh umat Budha yang berdomisili di Jalan Sangir dan sekitarnya.
    Peresmian purnapugar vihara Budha Maitriya ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto didampingi sejumlah tokoh agama, dan tokoh masyarakat Makassar.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com