• Wali Kota Ingatkan Lurah Tidak Bermain Tanah

    0

        Palu, jurnalsumatra.com – Wali kota Palu Hidayat memperingatkan para lurah dan stafnya agar tidak main-main dalam urusan tanah dengan memanfaatkan tanah pemerintah untuk kepentingan pribadi.
    “Semua aparat yang terbukti bermain-main dengan urusan tanah serta memanfaatkan tanah milik pemerintah untuk kepentingan pribadi atau kelompok, akan ditindk tegas,” kata Hidayat di Palu, Rabu.
    Dikatakannya, semua tanah milik pemerintah harus diperuntukan bagi pembangunan demi kesejahteraan masyarakat, bukan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau kelompok,” ujarnya.
    Wali kota mengakui bahwa Kota Palu memiliki lahan pemerintah atau yang dikenal dengan sebutan tanah sarana yang cukup luas dan banyak, yang tersebar di delapan kecamatan di Kota Palu.
    Namun lahan yang luas dan banyak tersebut tidak diketahui oleh pemerintah keberadaannya secara detail.
    “Lahan sarana atau tanah milik pemerintah di kelurahan sangat banyak, namun pemerintah tidak mengetahui keberadaannya, olehnya butuh strategi untuk mengetahui tanah tersebut,” sebutnya.
    Hidayat mengatakan agar tanah sarana dapat diketahui keberadaannya di kelurahan, maka lurah dan sekretaris lurah serta kepala seksi pemerintahan harus bekerja secara maksimal untuk melakukan pendataan tanah sarana tersebut.
    Bahkan, sebut dia, jika pihak kelurahan telah mengetahui tanah sarana tersebut, maka harus terbuka dan tidak menutup keberadaan tanah sarana tersebut kepada Pemkot Palu tetapi melaporkan ke dinas terkait untuk dilakukan investarisasi.
    “Jika ada aparat kelurahan yang sengaja menyembunyikan tanah milik pemerintah di kelurahan untuk kepentingan pribadi atau kelompok, maka akan diberikan sanksi tegas kepadanya,” katanya.
    Wali kota yang baru tiga pekan menjabat itu mendesak kepada semua pemerintah kelurahan yang dibantu oleh camat di delapan kecamatan untuk segera melakukan pendataan aset milik daerah dan negara berupa tanah.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com