• Sumsel maksimalkan hilirisasi karet

    0

    Palembang, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus memaksimalkan hilirisasi karet untuk meningkatkan kesejahteran petani di daerah itu.

    Pemerintah Provinsi Sumsel terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pendapatan petani karet, kata Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Palembang, Jumat.

    Menurut dia, apalagi Sumsel merupakan produsen karet terbesar di Indonesia sehingga produk turunannya perlu dikembangkan.

    Sekarang ini, menurut gubernur, karet di daerah ini di ekspor hanya dalam bentuk slap, sehingga negara lain memanfaatkan ini dengan memproduksi barang jadi.

    Sehubungan itu pihaknya berupaya memproduksi karet menjadi barang jadi sehingga mempunyai nilai tambah, kata gubernur.

    Untuk menambah nilai tambah tersebut dengan membangun pabrik ban di kawasan ekonomi khusus Tanjung Api -Api, Kabupaten Banyuasin, Sumsel.

    Sebelumnya Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, Gamal Nasir MS dalam pertemuan beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya sudah melakukan rapat bersama Kepala Dinas dari berbagai provinsi di Sumatera dan Kalimantan.

    Hasil yang diperoleh diantaranya peningkatan jumlah UPTD sebanyak 10 untuk setiap kabupaten, peningkatan mutu komoditas karet, pemberian sanksi kepada pabrik karet yang melanggar ketentuan, serta meningkatkan pasar lelang, ujar dia.

    Perhatian saat ini kepada para petani karet yang menerima dampak dari penurunan harga, tambah dia.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com