• Sultra Usul Kemensos Untuk Pemberdayaan TKSK

    0

         Kendari, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengusulkan kepada Kementerian Sosial (Kemensos) untuk pemberdayaan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) untuk mendukung keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.
    Kepala Dinas (Kadis) Sosial Provinsi Sultra melalui Kepala Bidang Kelembagaan Sosial, Kamaruddin di Kendari, Senin mengatakan, jumlah TKSK yang tersebar di setiap kecamatan se-Provinsi Sultra baru berjumlah 205 orang atau baru sepertiga dari jumlah kecamatan di Sultra yang kini mencapai angka 600 kecamatan.
    “Usulan pemberdayaan melalui TKSK Kemensos RI,  diperuntukkan bagi wilayah kecamatan pemekaran yang ada di setiap Kabupaten Kota,” ujaranya tanpa menyebut jumlah kecamatan yang diusulkan tersebut.

         Dengan demikian, kata Kamaruddin,  dengan pemberdayaan TKSK yang nantinya sebagai tali asih dalam rangka mendukung operasional terhadap pelaksanaan tugas, peran serta fungsi TKSK dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial di wilayah kerja kecamatan masing-masing.
    Langkah-langkah yang dilakukan dalam pemberdayaan TKSK, lanjut dia, tengah melakukan pendataan ulang, karena sebelumnya sering mengalami pergantian TKSK di kabupaten/kota.
    Disamping itu, struktur kerja TKSK yang sebelumnya hanya sebagai relawan dan tenaga pendata, maka mulai tahun ini sudah berubah menjadi tenaga pengendali penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kecamatan.

         “Kalau dulunya pemberdayaan TKSK ditetapkan melalui Perdirjen sampai dengan 2011, maka sekarang, ditetapkan melalui Permensos RI,” ujarnya seraya menambahkan, tujuanya adalah agar menjadi tenaga pendamping tetap non PNS.
    Selain itu, bila pemberdayaan TKSK yang sebelumnya berada di luar struktur pembina fungsional daerah, maka kini disiapkan sebagai kepala markas distrik gugus tugas sosial di Kecamatan untuk jejaring kerja Kemensos dalam penjangkauan.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com