• Siswa Indonesia Menang Festival Tarian Di Spanyol

    0

        Jakarta, jurnalsumatra.com – Siswa Indonesia dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Labschool Cibubur memenangkan kompetisi tari pada Festival Tarian Rakyat, Fiestalonia Milenio 2016 di Lloret de Mar, Catalonia, Spanyol, demikian keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin.
    “Kemenangan tim tari Danadyaksa Budaya SMP di ajang festival tarian rakyat di Spanyol membuktikan bahwa dunia internasional memberikan apresiasi yang tinggi pada kebudayaan nasional Indonesia,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli.

        Di sisi lain, hal ini juga memperlihatkan bahwa masih banyak anak muda Indonesia yang mencintai kebudayaan nasional, termasuk tari-tarian tradisional dari berbagai suku dan daerah di Indonesia, tambahnya.
    Keberhasilan kelompok tari yang terdiri atas 31 siswa SMP Labschool ini sejalan dengan program pemerintah dalam rangka mendorong pertumbuhan jumlah wisatawan asing sebanyak 20 juta pada 2019, salah satunya dengan mengembangkan daerah-daerah tujuan wisata baru di tanah air.

        “Adik-adik ini (anggota tim tari Danadyaksa Budaya SMP Labschool) sudah sepantasnya kita beri gelar Duta Budaya Muda. Mereka berjasa ikut mempromosikan keanekaragaman budaya nasional di luar negeri. Ini sungguh membanggakan,” ujar Rizal Ramli.
    Menurut salah satu siswa, Kayla, yang duduk di kelas 2, prestasi kelompok tari ini merupakan kerja keras seluruh tim, guru tari, dan guru pendamping serta dukungan para orang tua siswa.
    “Saya bahagia menjadi bagian dari duta bangsa yang bisa membanggakan Indonesia dengan prestasi di luar negeri,” katanya.

        Sementara itu, pemimpin rombongan tari, Cantika Reviera mengatakan  festival yang mereka ikuti adalah kompetisi tingkat internasional dengan dua kategori utama, yakni tarian dan paduan suara.
    Dua puluh negara berpartisipasi dalam festival ini, antara lain Israel, Spanyol, Armenia, Uzbekistan, dan Mesir, tambahnya.

        Dengan berlatih selama dua setengah bulan, tim Danadyaksa mengikuti kategori tarian usia 8-16 tahun.
    Mereka berhasil  memenangkan predikat koreografer khusus karena telah meraih juara umum di seluruh kategori tarian, serta mengalahkan sepuluh negara lain yang berkompetisi dalam kategori ini.(anjas)

  • iklan 3

  • Facebook JurnalSumatra





  • Comments are closed.

    Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com